Raja Meuruhom Daya.T.Saifullah Pumulia Jame Samudra Pase

(foto kunjungan Dari Pase untuk T.Saifullah Raja Meuruhom daya yang akan Bersaing di Kursi Parlemen 2019).

BintangEmpat.com, Aceh- Dukungan Terus Bergulir kepada T.Saifullah Pemangku Raja 13 Meuruhom daya hal ini disampaikan Syurkani Selasa 11 desember 2018 dalam acara Kunjungan Tamu dari Samudra Pase.

Adat istiadat dan budaya yang sangat berbeda dari Provinsi lainnya. Aceh mempunyai budaya atau kebiasaan yang tidak jauh dengan aturan islam. Dari berbagai adat atau budaya yang ada di Aceh, salah satunya adalah budaya memuliakan tamu (peumulia jamee).

Pandangan islam tentang memuliakan tamu seorang muslim yang beriman kepada Allah dan hari akhir akan mengimani wajibnya memuliakan tamu sehingga ia akan menempatkannya sesuai dengan kedudukannya.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya “Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari). Maka memuliakan tamu bagi orang Aceh sangatlah penting dikarenakan dalam islam juga menyuruhkan umat manusia untuk melakukan hal tersebut. Memuliakan tamu juga merupakan salah satu untuk menyempurnakan iman dalam islam.

Pandangan orang Aceh dalam hal memuliakan tamu adalah merupakan suatu kewajiban dikarenakan diharuskan dalam islam, membuat tamu bahagia dan nyaman adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi sipemulia tamu yang tidak mengharapkan balasan atau imbalan dalam bentuk apapun dari para tamu. Cara memuliakan tamu di Aceh berbeda-beda dengan satu daerah dan daerah lainnya.

( Foto Tamu dari Pase di kediaman T.Saifullah Raja meuruhom daya).

Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh, dan merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Meurah Silu pada tahun 1267 M. Bukti-bukti arkeologis keberadaan kerajaan ini adalah ditemukannya makam raja-raja Pasai di kampung Geudong, Aceh Utara. Makam ini terletak di dekat reruntuhan bangunan pusat kerajaan Samudera di desa Beuringin, kecamatan Samudera, sekitar 17 km sebelah timur Lhokseumawe. Di antara makam raja-raja tersebut, terdapat nama Sultan Malik al-Saleh, Raja Pasai pertama. Malik al- Saleh adalah nama baru Meurah Silu setelah ia masuk Islam, dan merupakan sultan Islam pertama di Indonesia. Berkuasa lebih kurang 29 tahun (1297-1326 M). Kerajaan Samudera Pasai merupakan gabungan dari Kerajaan Pase dan Peurlak, dengan raja pertama Malik al- Saleh.

T.Saifullah raja meuruhomdaya menyampaikan sudah saatnya aneuk Naggroe Puwoe Marwah Samudra Pase yang menjadi Kekuatan Besar dan Menjadi Awal dari Kekuatan di Indonesia di Masa lalu.insya Allah dengan doa dan dukungan Mandum tanyo Bangsa Aceh ,Kursi Parlemen DPD-RI yang Menjadi tolak Umur dalam Membangun Aceh Kedepan Akan menjadi tugas Penting yang harus kita kembalikan kejayaan samudra Pase. PungkasRaja Meuruhom daya. (Muhammad).

#golkar

#raja

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Enable Notifications.    Ok No thanks
Hak Cipta © 2020 BintangEmpat.Com. Diterbitkan Oleh: PT. Raja Pos Intermedia