Dugaan Pungli Di Samsat Ponorogo, Madiun Kab Dan Madiun Kota

BintangEmpat.com, Jawa Timur (12/1/2019) – Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober 2016 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang selanjutnya disebut Satgas Saber Pungli.

 

Kapolri Jen Tito Karnavian akan memberi apresiasi bagi siapa saja yang melaporkan Pungutan Liar (pungli) di Intansinya.

Pungutan Liar Di Samsat Jember

Namun masih saja terdengar isu miring tentang dugaan Pungli di Samsat Ponorogo dan Madiun, Tim Investigasi BintangEmpat.com, mencoba mencari informasi tentang dugaan Pungli tersebut.

 

Menurut Mr.X  (bukan nama Sebenarnya) yang tidak mau disebutkan namanya, Ada dugaan pungutan liar di samsat Ponorogo, Madiun Kabupaten dan Madiun kota.

 

“Tanpa KTP yang dinominalkan, ini biasanya dilakukan oleh Calo dan orang dalam Samsat”.

 

 

“Buka blokir jual yang dinominalkan, ini biasanya dilakukan Calo dan Orang dalam Samsat. Kisaran Rp.300.000”.

Baca Pungli Di Samsat Kediri

“Dan fee kendaraan Unit Baru Roda 2 (R2) dan Roda 4 (R4) yang dinominalkan, ini biasanya dilakukan oleh Dealer  atau Leasing dan orang dalam”.

Untuk Fee R2 Rp. 128.000 dan Untuk R4 Rp. 140.000. Jika dikalikan maka ada perputaran uang pungli milyaran rupiah.

Menurut informasi, uang pungli milyaran itu mengalir ke PDPP, KUPT bahkan sampai ke atas.

Sulitnya membongkar Pungli karena tidak ada alat bukti seperti kwitansi dan saksi, biasanya dilakukan face to face dan melibatkan orang dalam. Satu-satunya cara harus Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Dengan informasi ini, sudah menjadi tugas penegak Hukum untuk menindaklanjuti, diharapkan Polres setempat menurunkan Tim Sat Gas Saber Pungli guna melakukan OTT.

Bapenda Prov Jatim wajib melakukan Audit internal terkait database buka blokir, kendaraan unit baru karena yang dirugikan adalah masyarakat atau Wajib Pajak (WP).

Pemberitaan ini masih sepihak, belum ada konfirmasi dari Adpel atau Pengelola Data Pelayanan Perpajakan (PDPP) KB Samsat  Ponorogo, Madiun Kabupaten dan Kota.

Disisi lain, masyarakat juga memuji pelayanan Samsat terkait pembayaran pajak tahunan sangat bagus, pelayanannya cepat dan dan bebas pungli.

” Iya mas, untuk pembayaran pajak tahunan pelayanannya sangat bagus dan cepat, bebas pungli, ” terang wajib pajak.

Dengan pemberitaan ini kami harap ada konfirmasi dari pihak terkait, seperti Pengelola Data Pelayanan Perpajakan Kantor Bersama Samsat atau yang dikenal dengan Adpel atau siapa saja yang mempunyai hak jawab atau sanggah.

Hak jawab Bisa disampaikan melalui email kami [email protected], Atau call 082225556952, agar terjadi pemberitaan yang seimbang.

*Ziwa.

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Enable Notifications.    Ok No thanks