Ekploitasi Tambang Pasir Probolinggo Rusak Lingkungan

Baca Vanessa Datangi Polda Jatim

BintangEmpat.com, Probolinggo, Jawa Timur, (28/1/2019) – Aktifitas penambangan pasir dan tanah urug yang berlokasi di desa Patalan kecamatan Wonomerto kabupaten Probolinggo nampak makin meresahkan.

Baca Tabloid Sudutkan Prabowo

Akibat eksploitasi pertambangan pasir dan tanah urug tersebut yang hingga kini masih berlangsung telah memberikan dampak kerusakan lingkungan dengan adanya kubangan-kubangan berukuran besar dan dalam di lokasi penambangan tersebut.

Hal tersebut dikuatirkan akan makin memperburuk kondisi lingkungan.

Baca PBB Pecah 2 kubu

Berbagai eleman masyarakat mengkuatirkan kerusakan lingkungan yang semakin parah akan menjadi bom waktu penyebab terjadinya bencana alam.

Baca Kader PBB Dikeroyok

Rumah-rumah yang jaraknya berdekatan dengan jurang-jurang galian tambang tersebut menjadi rawan akan dampak bencana longsor.

 

Pantauan tim media di lokasi penambangan, Senin (28/1/2019), terjadinya kerusakan lingkungan tersebut diduga perusahaan pertambangan tidak mengikuti aturan dan ketentuan yang dibuat oleh Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup.

Terutama dalam proses pengambilan hasil tambang.

Selain itu, pengusaha juga tidak melakukan reklamasi terhadap lahan tanah yang sudah rusak.

 

Baca Bea Cukai Masuk Angin

“Lahan tanah di desa Patalan makin hari makin rusak. Itu akibat aktifitas penambangan pasir dan tanah urug yang merajalela.”, papar Zulkifli Sembiring, pengurus LBH Peta.

Baca Pelayanan Buruk Dispenduk Pasuruan

Menurut Zulkifli keberadaan tambang ilegal membawa dampak negatif, diantaranya merusak lingkungan, membahayakan keselamatan warga yang berdomisili di sekitar area pertambangan.

Baca Penyalahgunaan Dana Hibah Pasuruan

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim media, bahwa aktifitas penambangan yang berlokasi di desa Patalan kecamatan Wonomerto kabupaten Probolinggo adalah salah satu lokasi pertambangan milik pengusaha yang juga melakukan eksploitasi pertambangan di desa Boto kecamatan Lumbang kabupaten Probolinggo.

(TW)

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas