Mendengarkan Keluhan Masyarakat Tidak Cukup Dengan Rases

BintangEmpat.com, Aceh Timur – Aceh (21/1/2019) Untuk mengetahui apa yang menjadi keluhan dan kebutuhan masyarakat, seorang wakil rakyat harus selalu menjalin komunikasi intens dengan konstituennya. Sejatinya wakil rakyat adalah orang yang selalu ada untuk melayani masyarakat.

Untuk mengetahui permasalahan di masyarakat kita harus turun langsung ke lapangan dan melihat kondisi yang sebenarnya terjadi.

Seperti yang disampaikan H. Sudirman yang akrab di sapa H. Haji Uma Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada awak media ini (22/1) di sebuah warung kopi di Kota Binjai Kabupaten Aceh Timur.

Haji Uma, ditengah kesibukannya menjalankan tugas baik di kantor maupun keluar daerah, Ia selalu meluangkan waktu untuk bisa turun ke daerah pemilihannya diberbagai kesempatan, tidak hanya pada waktu reses saja.

Senator Aceh ini punya trik tersendiri agar bisa selalu dekat dengan masyarakat, Ia sangat senang memenuhi undangan dari warganya, jika tidak ada tugas di luar kota.

Sambil memenuhi hajat masyarakat, Ia sempatkan untuk berdiskusi mendengarkan langsung apa yang dikeluhkan oleh masyarakat, atau sebaliknya Ia memberikan informasi dan pengarahan yang dianggap penting bagi warga, ibarat pepatah sekali mendayung dua dan tiga pulau terlewati.

Bagi Pria yang akrab disapa Haji Uma ini, Beliau setiap malam menghadiri berbagai macam acara di desa-desa dan mendengar keluhan masyarakat secara langsung, bahkan di warung-warung kopi guna untuk bisa memahami keluhan mendasar dari masyarakatnya, acara-acara informal dinilainya lebih efektip untuk menyerap aspirasi dan persolan-persolan mendasar di daerah, yang lebih penting wakil rakyat benar-benar menjadi bagian dan menyatu dari masyarakatnya.

”Kita ciptakan hubungan yang tidak ada batasan antara kita (wakil rakyat) dengan masyarakat, dengan demikian masyarakat lebih nyaman serta tidak sungkan menyampaikan apa yang menjadi keluhan ataupun kebutuhan mereka, jangan kita kedaerah waktu dekat pemilu saja” ungkapnya.

Meskipun terkadang medan yang dilewati untuk sampai ketempat warga tersebut sangat sulit, namun Ia mengaku senang bisa melakukannya, dengan demikian Ia dapat merasakan apa yang dirasakan oleh warganya.

”Turut merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat itulah sejatinya wakil rakyat, pungkasnya.”

Muhammad

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas