Rubah Nama Kampung Jokowi Diprotes Warga

Caption: Warga protes Kampung Jokowi

BintangEmpat.ComSumatera Barat-Kejadian yang aneh dan mungkin baru kali ini terjadi, suatu daerah yang selama ini sudah memiliki nama desa tiba-tiba saja dirubah menjadi suatu nama perkampungan orang ternama di Republik ini yaitu ” Kampung Jokowi “.

Jokowi, Dana Desa Naikan Income

Kejadian ini terjadi pada dua Kanagarian ( Desa ) dengan Kecamatan yang berbeda di Kabupaten Limapuluh, Kota Propinsi Sumatera Barat, tepatnya di Nagari Batu Bolang Kecamatan Harau dan di Jorong Taratak Situjuah Limo Nagari.

 

Warga protes Kampung Jokowi
Warga protes Kampung Jokowi.

Atas peresmian Kampung Jokowi oleh beberapa orang yang mengaku Tim Sukses Rumah Kerja Jokowi, maka Minggu 14 April 2019, sekitar pukul 10.30 Wib, puluhan warga Kanagarian Batu Bolang yang merasa terusik dengan sebutan Kampung Jokowi, beramai-ramai datang ke Kantor Wali Nagari ( Kepala Desa ) dengan membentangkan spanduk yang dibubuhi tanda-tangan sebagai ungkapan kekesalan dan meminta kepada yang bertanggung jawab untuk segera membuka plang nama Kampung Jokowi tersebut.
Novri atas nama perwakilan Anak Nagari menyampaikan kekesalannya atas tingkah laku oknum yang memprakarsai berdirinya Kampung Jokowi tersebut dan menyatakan soal pencatutan nama.

“Pencatutan nama daerahnya tanpa melalui musyawarah bersama Aparat Nagari ( Aparat Desa ) serta pemangku adat dan Tokoh Masyarakat didaerah itu,” ucap Novri kesal.

Luhut Binsar Panjaitan Mangkir Dari Panggilan Bawaslu RI

Dilain tempat sebelumnya pada hari Kamis malam 11 April 2019 yang lalu, tepatnya di Jorong Taratak Situjuah Limo Nagari Kabupaten yang sama, puluhan warga juga telah lebih dahulu mengadakan orasi dan beramai-ramai berkumpul dengan membawa spanduk yang menyatakan tidak setuju daerahnya dinamakan Kampung Jokowi.

“Apa-apaan nih, tanpa ada musyawarah dengan Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat di Kanagarian kami, se-enaknya saja menjadikan namanya menjadi Kampung Jokowi,” ucap An Tama, perwakilan dari warga setempat dengan rasa kesal.

Beberapa warga lain yang diminta tanggapannya oleh BintangEmpat.Com. “Walaupun sifatnya hanya sementara untuk memberikan dukungan kepada Calon yang diunggulkan, kan harus ada prosedur yang dilalui, bukan main caplok saja ganti nama Kampung ini, harus melalui Musyawarah Nagari yang kemudian disetujui oleh lembaga yang berwenang di Kabupaten ini. Kita menghargai Presiden kita pak Jokowi, tapi Tim Pemenangan yang dipercayakan harusnya kan lebih profesional dalam membuat gagasan agar warga tidak gusar,” terang warga yang ikut dalam rombongan tersebut.

Setelah dilakukan musyawarh dan kesepakatan yang baik, akhirnya kedua plang nama Kampung Jokowi yang sudah terpasang pada kedua daerah tersebut dengan rasa kecewa terpaksa harus dilepas kembali.

*( Dana Surya )

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

3 komentar pada “Rubah Nama Kampung Jokowi Diprotes Warga

  • 15 April 2019 pada 1:40 AM
    Permalink

    Cari kerjaan kok orang2 ini, desa yg udah damai jgn dibikin ribut, masyarakat yg gk ngerti apa2 jgn dilibatkan

Komentar ditutup.