Jabatan Kepala Dinas PUPR Lumajang Terindikasi ‘Titipan’

 

BintangEmpat.Com, Lumajang, Jawa Timur – Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau lebih dikenal Lelang Jabatan  di Lingkungan Pemda Lumajang sudah berlangsung. Sedikitnya ada 9 Kepala Dinas yang di Lelang. Diantaranya, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga.

Dari 9 Kepala Dinas dan Kepala Badan yang dilelang ini, sedikitnya ada 59 orang yang mengikuti seleksi. Tetapi, pihak Panitia Seleksi (Pansel) menyatakan 58 orang lolos seleksi secara administrasi.

Hal tersebut berdasarkan Pengumunan Nomor : 17/PANSEL.JPT/IV/2019, tentang hasil seleksi administrasi pelamar jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, ke-58 orang pelamar tersebut masih mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Seperti seleksi Kompetensi Manajerial yang dilangsungkan pada 22-23 April 2019 kemarin, dan seleksi Kompetensi Bidang diselenggarakan pada 29-30 April 2019 yang bertempat di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Lumajang.

BACA JUGA:

Jual Beli Jabatan Kemenag RI Didemo

Pungutan Liar Di Samsat Jember

APRI Tuding Bupati Lumajang Zolim

Namun, yang menarik dalam lelang Jabatan Kepala Dinas PUPR Lumajang ini adalah serombongan pelamar yang sam-sama berasal dari Bondowoso. Diantaranya, Ir. Ach. Ayib Rasyidi, M.Si. Ir Aris Wasiyanto, MM. Dadan Kurniawan, ST, MM dan Drs. Karna Suswandi, MM. Ke-3 orang tersebut yakni, Ir. Ach. Ayib Rasyidi, M.Si, Ir Aris Wasiyanto, MM dan Dadan Kurniawan, ST, MM ini adalah mantan anak buahnya Drs Karna Suswandi, MM ketika di Dinas PUPR Bondowoso.

Dan kini, Ir Ayib Rasyidi, M.Si sudah dimutasi dari Dinas PUPR Bondowoso ke BPBD Bondowoso sebagai Kabid BPBD. Ir Aris Wasiyanto, MM juga dimutasi dari Dinas PUPR dan kini menduduki jabatan sebagai Kabag Perlengkapan di Pemkab Bondowoso. Sedangkan, Dadan Kurniawan, ST, MM juga dimutasi dari Dinas PUPR dan kini menduduki jabatan sebagai Sekdin Disperindag Bondowoso. Sedangkan Drs Karna Suswandi, MM sudah dicocopt dari posisi Kepala Dinas PUPR dan kini menduduki Kepala Perpustakaan Bondowoso.

Meski ke-3 orang tersebut sudah dimutasi ke lain tempat, tetapi mereka masih setia terhadap mantan pimpinannya. Terbukti ketika ada lowongan lelang Jabatan di Pemkab Lumajang, mereka bertiga sama-sama ikut mendaftar untuk memenuhi kuota, minimal 4 orang pelamar, diduga pula mereka sudah tahu kalau hanya dijadikan “Boneka”.

Sementara di lingkungan Pemkab Lumajang, khususnya di Dinas PUPR Lumajang, nama Drs. Karna Suswandi, MM semakin santer dibicarakan, bahwa mantan Kepala Dinas PUPR Bondowoso ini sudah dipositifkan lolos dan menduduki jabatan Kepala Dinas PUPR Lumajang. Sebab, diduga kuat ada tangan-tangan dingin yang ikut bermain dan mengawal Drs. Karna Suswandi, MM agar tetap lolos sebagai Kepala Dinas PUPR Lumajang.

Dugaan adanya “Titipan” dari tingkat Elite terhadap Karna Suswandi ini bak angin topan yang berhembus kencang.
Bukan hanya kalangan para pejabat dilingkungan Pemkab Lumajang saja yang membicarakan hal tersebut. Para Rekanan (Pemborong) di Lumajang dan Bondowoso sudah memastikan, bahwa Karna Suswandi lolos dan menduduki jabatan Kepala Dinas PUPR di Lumajang. Bahkan, para Rekanan Lumajang sempat ketar-ketir, jika benar, Karna Suswandi sebagai Kepala Dinas PUPR Lumajang, jangan-jangan persoalan yang menimpa Rekanan Bondowoso akan menimpa Rekanan Lumajang.”Informasinya, disinyalir  Rekanan Bondowoso masih ada persoalan dengan Karna Suswandi.

“Entah persoalan apa ya tidak tahu, mungkin masalah proyek” kata beberapa rekanan Lumajang kemarin.

Drs Karna Suswandi, MM ketika dikonfirmasi, beberapa waktu lalu melalui saluran teleponnya mengatakan, bahwa dirinya balum mendaftar, tetapi ada niatan untuk daftar. Ketika ditanya, calon jadi sebagai Kepala Dinas PUPR Lumajang, Karna Suswandi hanya menjawab doakan saja.

”Ya, doakan saja saya jadi Kepala Dinas PUPR Lumajang,” kata Karna.

Kepala  Badan Kepegawaian Daerah Pemkab Lumajang yang juga menjabat Plt. Sekda Pemkab Lumajang selaku Ketua Pansel Lelang Jabatan, Drs. Agus Triyono, M.Si ketika dikonfirmasi wartawan koran ini melalui WhatsApp-nya, Rabu (24/4/2019), dengan adanya desas-desus diluaran terkait lelang jabatan Kepala Dinas PUPR yang diduga kuat ada “titipan” yang harus dimenangkan oleh Drs Karna Suswandi, MM, dengan tegas, Agus Triyono mengatakan, bahwa proses Asesmen masih baru selesai tahapan seleksi kemampuan manajerial.

“Setelah itu tahap asesmen bidang,” kata Agus Triyono.

Dijelaskan pula, tahapan proses akan menyaring 3 orang peserta dengan peringkat terbaik. Selanjutnya, 3 terbaik tersebut diserahkan kepada Bupati untuk dipilih.

”Keputusan final ada di Pak Bupati, Pansel hanya menyaring 3 terbaik saja,” Pungkasnya.

*Tim.

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

6 tanggapan untuk “Jabatan Kepala Dinas PUPR Lumajang Terindikasi ‘Titipan’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas