Netizen Anggap Prabowo Menang, Metro TV Klarifikasi

 

Foto Screenshot video

BintangEmpat.Com, Jakarta – Lembaga Survei hitung cepat atau Quick Count (QC) di Media Televisi Nasional serentak menayangkan hasil sementara perolehan suara para Calon Presiden (Capres) pada pukul 15.01 Wib, 17 April 2019.

 

 

Seorang Netizen mengunggah video yang menampilkan tayangan live event pemilu serentak 2019, di Metro TV pada pukul 15.11 WIB, Rabu (17/4/2019).

Dalam tayangan itu muncul dua grafis penghitungan suara dari enam lembaga survei yang bekerja sama dengan Metro TV, yakni LSI Denny JA, Indo Barometer, Charta Politika, Poltracking, SMRC, dan Voxpol.

Keenam grafis memperlihatkan keunggulan Prabowo-Sandiaga atas Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam penghitungan cepat.

“Prabowo menang, bro, aslinya Prabowo menang,” ujar warganet dengan logat bicara mirip Madura dalam video.

“Habis ini kita lihat betapa kagetnya para pembicara ini. Itu memberi kode suruh ubah, kita lihat ya,” ujar dia dengan logat khas mirip Madura.

Sebelum menutup videonya, “artinya kecurangan di Tivi (televisi) itu bisa terjadi dengan cepat karena disini langsung berubah temen-temen,” pungkas warga Net.

Selain itu, pada grafis pertama, si perekam video ini sempat ada perhatian khusus terhadap nama lembaga yang terpampang dengan logo enam lembaga yang terlihat tidak selaras.

“Aneh, kita lihat, nah, nah, enggak kebaca katanya,” ujar warganet.

Video yang sudah beredar luas di media sosial bahkan di grup whatsApp itu sebenarnya sudah diklasrifikasi oleh Metro TV.

“Kami klarifikasi sekitar pukul 15.12 Wib, terjadi Technical Error atau kesalahan teknis pada penayangan hasil sementara hitung cepat sehingga ada perbedaan data grafis dengan election ticker yang muncul di layar,” ujar presenter Metro TV, Kevin Egan, pada Rabu (17/4/2019), pukul 21.56 Wib, dikutip dari kompas.com.

Kontroversi Quick Count Jokowi Dan Prabowo

Kegaduhan di masyarakat mulai terasa, seorang ibu rumah tangga, Yayuk (40) warga Surabaya menceritakan, “saya tadi ke pasar Wonokromo, Surabaya, emak-emak di pasar pada bingung dan bertanya, ‘ini yang menang Prabowo apa Jokowi?'” Yayuk menirukan, (18/4/2019).

 

*Siwa

 

 

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

3 tanggapan untuk “Netizen Anggap Prabowo Menang, Metro TV Klarifikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas