Sebar Video Hoax Di Youtube Pemuda Garut Ditangkap

Foto : Rukman, pemilik akun " Tv explore news "
Foto : Rukman, pemilik akun ” Tv explore news “

 

Bintangempat.com, Jawa Timur – Sebar Video Hoax di Youtube pemuda asal Garut, Jawa Barat ditangkap Polres Jombang, pemuda itu adalah Rukman bin Ikin Solikin (30), alamat Kampung Gandayayi RW/RT: 003/005, Curah Rejo Ds. Cibiuk Kaler, Kec. Cibiuk Kabupaten Garut, Jawa Barat.

 

Rukman ditangkap karena penyebaran berita hoax melalui youtube “DIDUGA CURANG EMAK EMAK LABRAK KPU JOMBANG JATIM”, pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019, sekira pukul 12.00 wib, oleh Unit Resmob Polres Jombang dipimpin Kasat Reskrim polres jombang Akp Azi Pratas Guspitu, di Kampung Neglasari, Kelurahan Cibiuk Kaler, Kec Cibiuk, Kab Garut Provinsi Jawa Barat, gabungan dengan Resmob Polres Garut dan Kanit Reskrim Polsek Cibiuk atas laporan dengan nomor laporan: LPA/04/IV/2019/JATIM/RES.JBG tanggal 26 April 2019.

 

Menurut Kasat Reskrim Polres Jombang, Akp Azi Pratas Guspitu, ” Rukman dijerat Pasal 40 undang undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang undang no 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, ” tegas Azi.

Polisi menyita barang bukti:
– 1 (satu) unit dosbook hp sony .
– 1 (satu) unit hp sony xperia warna hitam dengan nomor 081386567245 dengan akun ” Tv explore news ” [email protected]

 

Modus yang digunakan, ” Bahwa pelaku pendukung 02 mengetahui situasi politik lagi panas, akhirnya pelaku mengambil salah satu video di medsos kemudian mengedit dengan menambahkan tulisan DIDUGA CURANG EMAK EMAK LABRAK KPU JOMBANG JATIM, kemudian oleh pelaku diupload untuk menambah panas situasi politik yang lagi ramai dan panas saat ini, ” terang Azi.

Baca Pungli Di Samsat Ponorogo Dan Madiun

Azi menambahkan, ” Tidak ada orang yg menyuruh maupun mengendalikan, pelaku melakukan nya sendiri “.

Video yang beredar pada hari Jumat tanggal 19 april 2019 telah beredar video HOAX di Youtube dengan judul ” 1NDIKA4SI CUR4NG!! 3MAK 3MAK L4BRAK GUD4NG KPU JOMBANG J4TIM!!! ” yang meresahkan dan menimbulkan kegaduhan di wilayah hukum polres jombang.

*Siwa.

*DUMM.

 

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas