Polisi Tidak Ijinkan HUT Partai Rakyat Demokratik

 

BintangEmpat.Com, Jawa Timur – Partai Rakyat Demokratik (PRD) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini tidak memiliki wakil langsung di parlemen, namun demikian, perannya dalam sejarah politik Indonesia sejak era Orde Baru sangatlah penting. Partai ini dikenal sebagai partai gerakan yang aktif melakukan kaderisasi, penggalangan massa dan kerap berjuang dengan metode ekstraparlementer.

BACA: KPK Segera Tangkap Sekjen Kemenag

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-23 Partai Rakyat Demokratik yang diadakan Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik Kota Surabaya (KPK PRD Surabaya) batal dilaksanakan. Sedianya peringatan harlah ini digelar di Rumah Makan Sari Nusantara pada Senin (22/7).

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho mengatakan, acara tersebut tidak boleh digelar karena tidak memiliki izin. “Sampai hari ini belum ada pemberitahuan untuk itu, saya sudah ngecek di intelkam belum ada pemberitahuan kegiatan untuk itu,” kata Sandi Nugroho dikonfirmasi Senin (22/7) dikutib dari Republika.co.

BACA: Amien Rais Tuntut Jokowi Mundur

Karena tidak memiliki izin, Sandi menegaskan akan membubarkan acara tersebut jika panitia memaksa melaksanakannya. Menurut Sandi, segala bentuk kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan akan diimbau untuk membubarkan diri, atau dibubarkan secara paksa jika memaksakan diri.

“Kalau informasi di masyarakat ada, masih simpang siur tapi kalau sampai saat ini untuk informasi (izin) di kepolisian tidak ada,” ujar Sandi.

BACA: Tidak Bayar Pungli Paguyuban Dua Siswi SD Tidak Dinaikan Kelas

Rencananya, peringatan HUT Partai Rakyat Demokratik ke-23 tersebut akan diisi dengan diskusi publik. Ketua KPK PRD Surabaya Samirin mengaku, telah memberikan izin kepada kepolisian terkait penyelanggaraan peringatan HUT ke-23 Partai Rakyat Demokratik tersebut. Namun, izin tersebut mengalami penolakan dari polisi yang diakuinya tanpa alasan yang jelas.

“Surat izin sudah cuma ditolak, posisi tempat juga secara mendadak dibatalkan jadi pihak rumah makan itu bilang tidak boleh dipakai untuk itu,” kata Samirin.

BACA JUGA: Istri Ahmad Dhani ‘Banting Setir’ Jadi Penyanyi Dangdut

Samirin merasa, kegiatan PRD ini diganjal dengan beberapa alasan yang tidak masuk akal. “Katanya kita mau diserang kelompok reaksioner, landasannya apa menyerang kita. Azaz kita pancasila Informasi (penyerangan) seperti itu tapi saya yakin tidak ada,” kata Samirin.

Samirin mengatakan, tetap akan melaksanakan acara diskusi politik tersebut di sekitar rumah makan Sari Nusantara Jalan Gubernur Suryo, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Undangan diakuinya sudah menyebar, sehingga tidak bisa dibatalkan.

*Redaksi.

3 thoughts on “Polisi Tidak Ijinkan HUT Partai Rakyat Demokratik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar