Thoriq Hilang

 

 

BintangEmpat.Com, Jawa Timur – Kronologi hilangnya Thoriq Rizki Maulidan di Gunung Piramid, ternyata suara minta tolong hoax.
Semoga Thoriq Rizki Maulidan lekas ditemukan dalam kondisi selamat.
Kabar hilangnya Thoriq Rizki Maulidan ramai jadi bahan perbincangan di media sosial.

Ia dikabarkan hilang di Gunung Piramid, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, saat hendak berburu sunset (matahari terbenam) bersama teman-temannya.

Kronologi hilanyan Thoriq dibagikan oleh pemilik akun Twitter @venusi_ass.
Akun tersebut mengunggah foto lembar kronologi kejadian yang dimiliki Seacrh and Rescue (SAR) atau Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Jember.

“Telah tejadi musibah pendaki hilang, 4 orang siswa SMP melakukan pendakian menuju puncak Piramid pada sekitar pukul 05.00 WIB. Setelah turun dari puncak tersebut 1 orang anggota tidak kunjung turun ke bawah, kemudian rekan-rekan korban melaporkan kejadian tersebut. Pendaki dilaporkan hilang/terjatuh ke dalam jurang gunung Piramid. Warga pada malam hari melakukan pencarian hingga pagi hari namun hasil masih nihil.”
Selain itu, akun @venusi_ass juga menyebutkan bahwa pada awalnya korban bersama teman-temannya mendaki Gunung Piramid pada Minggu (23/6/2019).

Video Anggota TNI Tewas Dikeroyok 

 

Korban mendaki gunung tersebut dengan tiga temannya, namun sebelum mencapai puncak, satu orang teman korban memutuskan untuk turun terlebih dahulu karena kelelahan.
Thoriq Rizki Maulidan dan dua temannya yang lain tetap memutuskan tetap naik menuju puncak untuk melihat mata hari terbenam.

Namun belum sampai puncak, mereka mengurungkan niat dan memutuskan turun.
Saksi melihat dua orang teman korban turun dengan berlari sambil memperingatkan jalur di atas licin.
Ternyata, dua orang korban turun tanpa disertai Thoriq Rizki Maulidan.
Sesampainya di bawah, kedua teman korban tidak menemukan Thoriq Rizki Maulidan.

Mereka pun segera melaporkan kejadian tesebut pada warga sekitar dan langsung dilakukan pencarian.
Pencarian kembali dilakukan oleh PMI Kabupaten Bondowoso, Basarnas, TNI dan warga sekitar.

Dari akun Instagram @pmikabupatenbondowoso diketahui bahwa pencarian sudah dimulai sejak Selasa (24/6/2019).
Pencarian terhadap Thoriq Rizki Maulidan belum membuah kan hasil hingga Senin (1/7/2019).

“Baik teman-teman hari ini sudah hari ke tujuh di manas posisi Thoriq belum bisa ditemukan, ini masih nihil. Di sini jam 17.24 WIB. Saya bersama teman-teman dan warga setempat,” ujar seorang relawan yang turut mencari Thoriq Rizki Maulidan.
“Teman-teman relawan ini sedang berkumpul, kami melaporkan dari pos bayangan di atas pos satu sampai saat ini kondisi Piramid sudah berkabut, semoga besok masih ada kabar baik, saya mohon doanya, terima kasih,” katanya menambahkan.

Sementara pada unggahan selanjutnya, PMI Kabupaten Bondowoso mengunggah gambar Gunung Piramid dengan hasil operasi pencariannya.

“Senin, 1 Juli 2019
HASIL OPS SAR H7
LAPORAN HASIL OPS SAR KMM KMA SATU ORG PENDAKI HILANG DI GUNUNG PIRAMID KEC.CURAHDAMI KAB.BONDOWOSO

Minggu, 30 Juni 2019 Pukul 19.00 WIB 》Hasil Ops SAR

✓ SRU 1 melanjutkan penyisiran dari camp Batu Langgar menuju sisa sektor 5 yg belum terjangkau melalui sisi atas tebing, kembali ke camp di pos 2 dgn hasil NIHIL.

✓ SRU 2 berangkat dari posko melanjutkan penyisiran sektor 5 yg belum terjangkau melalui aliran sungai bawah tebing, kembali ke camp di pos 2 dgn hasil NIHIL.

✓ SRU 3 berangkat dari posko menuju pos 2 melanjutkan sisa sektor 5 yg belum terjangkau melalui sisi atas tebing, kembali ke posko pukul 18.30 WIB dgn hasil NIHIL.

✓ SRU 4 berangkat dari posko melanjutkan penyisiran sektor 5 yg belum terjangkau melalui aliran sungai bawah tebing bergabung dengan SRU 2, kembali ke posko pukul 17.45 WIB dgn hasil NIHIL * Kondisi cuaca cerah * Hasil Evaluasi
Disepakati bersama keluarga dan Seluruh Unsur yg terlibat Operasi SAR dihentikan dan dilanjutkan pemantauan, jika terdapat tanda-tanda akan keberadaan Korban maka Operasi SAR akan di buka kembali,” demikian keterangan tertulis dari PMI Kabupaten Bondowoso.

Sementara dari akun @ndorobeii, terlihat foto yang diduga Thoriq Rizki Maulidan dikolase dengan sebuah video. Dalam video tersebut terdengar suara wanita yang disebut minta tolong. “Menurut dm lagi viral di bondowoso, ada suara tidak ada orangnya,” tulis admin @ndorobeii.
Namun, video tersebut dinyatakan hoaks oleh pihak PMI.

Mulanya netizen dengan akun @dari_saudaramu bertanya soal kebenaran video tersebut.

“Min, apakah video teriakan yang sedang viral itu benar kejadin ini?,” tulis admin akun @dari_saudaramu.
“Dari info yang kami dapat, video teriakan itu hoax. Mohon berhati-hati agar tidak menyebarkan berita hoax sebelum pihak berwenang memberikan keterangan. Info lebih lanjut akan kami update secara berkala. Terima kasih atas atensinya,” jawab pihak PMI.

*Sumber Redaksi

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas