Anies Baswedan Sembelih Sendiri

Redaksi, Jakarta – Usai salat Idul Adha dan bersilaturahim, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis menyerahkan hewan kurban. Satu ekor sapi jenis Limosin seberat 1,2 ton tersebut diserahkan kepada panitia kurban Pemprov DKI Jakarta Tahun 2019.

“Alhamdulillah pagi hari ini kita baru saja menunaikan salat Idul Adha di balai kota dan baru saja tadi kami menyerahkan seekor sapi untuk dikelola lebih jauh dijadikan kurban dan nantinya akan dibagikan,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Minggu 11 Agustus 2019.

BACA: Habib Bahar Dipindah, 100 Napi Hafal 80 Hadis 6 Menjadi Mualaf

PESAN ARAFAH

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta dari seluruh jajaran telah mengumpulkan 189 ekor sapi, 306 kambing dan 1 kerbau yang akan menjadi hewan kurban. Semua kurban ini akan dibagikan ke seluruh masyarakat di Jakarta.

Yang lebih unik adalah ketika Anies Baswedan memotong sendiri sapi kurbanya yang berjenis Limosin seberat 1,2 ton, di dekat kediamannya di Jalan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Ia mengaku memang terbiasa menyembelih hewan kurban sejak di bangku SMA.

“Saya pertama kali motong ketika saya di Yogyakarta pada masa SMA, itu kita banyak menyelenggarakan kurban di desa-desa miskin,” kata Anies di Jalan Lebak Bulus, Jakarta, Minggu 11 Agustus 2019.

BACA JUGA: Novel Bamu’min: Selamat Hari Raya Idul Adha Buat Imam Besar Kami

Ketum PA 212 Slamet Maarif: Selamat Idhul Adha

Ia menceritakan pengalaman pertamanya menyembelih kurban saat duduk di kelas dua SMA di Gunung Kidul. Setelah pengalaman pertamanya, ia selalu mengupayakan memotong sendiri qurbannya.

Alhamdulillah tadi berjalan lancar, persiapan juga sudah matang, dan kami ingin mengajak pada semuanya, idul kurban ini sebuah peringatan tentang kemauan kita untuk memberikan pada yang kurang,” kata Anies.

Ia menambahkan juga kemauan untuk bisa mendidik dan membangun keluarga yang memiliki ketakwaan dan keimanan seperti keluarga nabi Ibrahim. Karena perintah untuk mengorbankan anak adalah perintah yang harus dilaksanakan dengan keimanan.

“Dan anak yang usia beliau seperti Ismail yang kemudian menerima perintah itu dan melaksanakannya merupakan cermin keberhasilan pendidikan orangtuanya. Mudah-mudahan jadi peringatan dan hikmah bagi kita dalam merayakan Idul Adha ini,” kata Anies.

Anies menceritakan pengalamannya dalam menyembelih hewan kurban serta kebiasaan menyembelih sendiri hewan kurban dikeluarganya.

“Kalau kuliah rutin setiap Idul Adha, kambing dari keluarga kami, maka saya akan potong sendiri. Dulu ayah juga begitu, jadi saya terusin kebiasaan,” kata Anies.

VIRAL: Kongres PDIP Gerindra VVIP Demokrat Resah

Kasus Novel Baswedan Tim Teknis Polri Tak Akan Buka Kasus Buku Merah

Ia mengatakan, dengan meneruskan tradisi menyembelih kurban sendiri, tentu anak-anaknya akan melihatnya. Meski sekarang anak-anaknya belum belajar menyembelih hewan, tapi mereka akan menyaksikan.

“Seperti saya menyaksikan ayah saya dlu memotong kambing kurbannya sendiri. Sekarang saya pun yang saya potong kurban saya sendiri. Mudah-mudahan nanti Insya Allah anak-anak meneruskan tradisi itu,” kata Anies.

Habib Bahar Dipindah

 

*(Redaksi/ viva)

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas