Kapolres Payakumbuh Kawal Simpatik Mahasiswa Demo ke DPRD

Aksi damai mahasiswa di depan gedung DPRD Payakumbuh di kawal Kapolres Payakumbuh

 

BintangEmpat.Com, Payakumbuh- Suatu kejadian ataupun aksi yang dilaksanaksn baik secara kelompok kecil maupun pengerahan masa yang banyak, apabila dilakukan pendekatan secara santun dan baik, maka akan menghasilkan keakraban dan ketenteraman dalam pelaksanaannya.

Seperti yang terjadi di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat pada Kamis, (26/09/2019) secara dadakan yang diawali oleh beberapa kelompok pelajar dari utusan SMA/SMK yang ada di Kota tersebut, telah ramai memenuhi ruas jalan Nasional Soekarno Hatta tepatnya di depan Gedung DPRD Kota Payakumbuh.

Baca Juga :

Kapolres Lumajang Tabuh Genderang Perang

Demo RKUHP Dua Mahasiswa Akhirnya Meninggal Dunia

Demo Tolak RKUHP Satu Mahasiswa Tewas Tertembak

Kegiatan tersebut berhubungan dengan aksi yang telah dilakukan oleh para Mahasiswa dan Siswa SMK di Jakarta maupun ditempat lainnya, dalam usaha meneriakkan penolakan terhadap revisi UU yang  tidak berapa lama para Siswa SMA/SMK berteriak dijalanan yang diamankan oleh anggota Lantas Polres Payakumbuh, utusan TNI dijajaran Kodim 0306/50 Kota, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh, terdengar sorak dan teriakan yel-yel dari para Mahasiswa yang ada di Kota tersebut dengan dilengkapi spanduk dan pajangan tulisan yang menolak maupun menyindir akan sikap DPR-RI dan Pemerintah RI tentang revisi Undang-Undang yang saat ini sangat ramai dikritisi.

Berbeda dengan apa yang disaksikan melalui penayangan televisi ataupun video yang sudah viral melalui video lain, kedatangan seluruh Mahasiswa tersebut begitu tertib, akrab bahkan sampai memasuki aula DPRD Payakumbuh dalam keadaan tertib dan teratur.

Patria Pradana selaku orator dalam kegiatan yang dilakukan Mahasiswa itu merasa puas karena dari awal sampai akhir acara kehadiran mereka didampingi dengan baik oleh jajaran Polres Payakumbuh, dan diterima pula dengan senang hati oleh perwakilan dari DPRD Kota Payakumbuh.

“Wajar saja AKBP Doni Setiawan S.I.K, M.H dilepas dengan tangisan dan berat hati oleh masyarakat kota Solok disaat pindah dari jabatan Kapolres Solok beberapa Minggu yang lalu, kita lihat saja sekarang ini baru beberapa hari bertugas sebagai Kapolres Payakumbuh sudah kelihatan kedekatannya dengan kami Mahasiswa dan juga adik-adik Siswa yang demo tadi”, sambung Patria didampingi rekan lainnya.

Menurut pantauan BintangEmpat.com, acara unjuk rasa Mahasiswa dibantu adik-adiknya dari SMA/SMK tersebut berjalan dengan tertib dan diterima dengan baik oleh unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Payakumbuh yang berjanji akan meneruskan sikap yang diperjuangkan.

Masyarakat banyak ikut menyaksikan iring-iringan dari Mahasiswa yang berjalan kaki bersama Kapolres Payakumbuh Dony Setiawan, mulai start di Komplek Unand jalan Rasuna Said melalui Labuh Basilang, pasar Ibuh, tugu Adipura pusat kota, jln Soekarno-Hatta dan tiba di halaman Gedung DPRD dan kembali lagi dengan tertib ke Kampus dan sekolah masing-masing.

“Menurut Kabag Sumda Polres Payakumbuh Kompol. Russirwan SH, mulai dari awal keberangkatan dan pulang kembali ke Kampus Unand Payakumbuh, Kapolres tetap jalan kaki bersama Mahasiswa, sedangkan siswa SMA/SMK didampingi Pejabat lain untuk kembali ke sekolahnya masing-masing.
Tiada kaca yang pecah, Tiada darah yang menetes ujar Russirwan dengan penuh keakraban.

*Dana Surya

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas