LSM Sorot Eksplorasi Tambang Pasir Ilegal

BintangEmpat.com, Probolinggo (10/11/2019) – Hasil investigasi Tim Media terkait aktifitas pertambangan di desa Bulujaran Lor, bahwa pertambangan yang diduga melanggar aturan itu bisa tetap beroperasi lantaran terindikasi dibekingi oleh oknum aparat keamanan yang sewajibnya menindak.

Menurut pantauan media, pada Agustus 2018 yang lalu, ada 3 LSM telah melaporkan ke Kasat Pol PP kabupaten Probolinggo.
Akan tetapi, belum ada tindak lanjut.

Menurut salah seorang penambang (AW-red), sekitar enam bulan yang lalu ada petugas dari Unit Tipidter Polres Probolinggo datang ke lokasi pertambangan dan menyita 4 unit Dump Truck.
Ironisnya, oknum aparat keamanan yang menangani perkara itu menurut AW, justru kemudian turut bermain di bisnis pertambangan pasir di desa Bulujaran Lor kecamatan Tegal Siwalan.

Pertambangan liar atau ilegal yang tidak pernah bisa diselesaikan itu lantaran diduga kuat di situ ada oknum aparat keamanan yang turut bermain. Adalah pertambangan pasir yang berlokasi di desa Bulujaran Lor kecamatan Tegal Siwalan kabupaten Probolinggo. Menurut beberapa warga masyarakat setempat, selain menjadi beking, oknum aparat keamanan tersebut juga membeli sebidang tanah milik K, yang kemudian tanah tersebut peruntukannya dijadikan lahan pertambangan.

Baca juga : Proyek Siluman Pasar Lumbang Kabupaten Probolinggo

Sekedar diketahui, aktivitas pertambangan di desa Bulujaran Lor dan Bulujaran Kidul memang kerap kali disorot LSM dan Media, juga Aktifis pemerhati lingkungan.
Dan selama sepekan terakhir ini telah menjadi atensi Bara JP Probolinggo dikarenakan kondisi lingkungan yang sangat memprihatinkan dan juga banyak keluhan disampaikan warga setempat yang tidak setuju kawasan Gunung Geni dieksplorasi pasirnya.

Selain dituding ilegal, aktivitas pertambangan tersebut disinyalir sebagai penyebab kerusakan jalan, sehingga Kades Bulujaran Lor enggan membangun jalan yang setiap harinya dilalui truk-truk armada pertambangan yang bermuatan pasir tambang.

Kepada media, Kepala Desa Bulujaran Lor membenarkan adanya aktifitas pertambangan illegal di desanya.
“Saya tidak setuju dengan adanya aktifitas penambangan itu, tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa. Saya pernah konsultasi dengan teman saya, Polisi. Dia menyarankan supaya saya ndak ikut-ikut (tidak melarang dan tidak mendukung).”, kata Samad.

Ketika Media menanyakan apakah aktifitas pertambangan di desa Bulujaran Lor menguntungkan desa, Kades Samad mengatakan “Meski ada yang menarik pungutan dari pihak penambang, tapi desa tidak menerima, tidak ada dana dari kegiatan penambangan yang masuk ke kas desa.”, kata Kades Bulujaran Lor.

Baca juga : Ekploitasi Tambang Pasir Probolinggo Rusak Lingkungan

AW, salah seorang dari penambang membenarkan bahwa ada oknum aparat keamanan tersebut turut bermain di pertambangan pasir di Bulujaran Lor kecamatan Tegal Siwalan kabupaten Probolinggo.
“Sekitar enam bulan yang lalu, siang itu datang petugas dari Polres ke penambangan. Waktu itu saya di Kraksaan, mendapat kabar empat truk ditahan di Polres. Kemudian saya ke Polres, di sana saya dimintai uang tiga puluh juta. Saya cicil dua kali, yang pertama dua puluh juta dan yang kedua sepuluh juta. Setelah menerima uang itu, W mengatakan akan ikutan kerja penambangan.”, kata AW.

Di tempat terpisah, Ketua Bara JP Probolinggo, Veronika menuturkan, “Kami juga mendengar adanya indikasi penyalahgunaan wewenang oleh oknum aparat keamanan, itu akan kami dalami.”, ucap Veronika. (2/10/2019)

Veronika berharap kawasan Gunung Geni disterilkan dari aktivitas pertambangan liar yang dapat mengancam keselamatan warga yang bermukim di sekitar area pertambangan.
“Saya berharap kawasan Gunung Geni dapat disterilkan dari aktifitas pertambangan liar, baik oleh masyarakat maupun oknum aparat keamanan. Karena kondisi di sana uda meresahkan dan sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan warga, jadi jangan lupa kewajiban penambang untuk mereklamasi.”, tegasnya.

Pula Veronika menegaskan, bagi yang ditugaskan menegakkan hukum terkait pertambangan agar dapat menjalankan tugasnya dengan professional, tidak menyimpang dan jangan sekali-kali terlibat dalam aktifitas illegal.

 

*Red

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas