Ditanya Anggaran Pemberitaan 90 Juta Sekwan Tutup Pintu

Redaksi BintangEmpat.Com, Sumatera Utara,Padang Lawas Utara (Paluta) – Sekretaris Dewan (Sekwan ) DPRD Padang Lawas Utara tidak memperdulikan pelaku kontrol sosial dalam hal ini pers, Sekwan DPRD Paluta tersebut saat dijumpai wartawan menanyakan terkait Dana Pemberitaan senilai 90 Juta Rupiah yang dianggarkan Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas utara melalui Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang tidak jelas. Info yang didapat saat awak media ingin menguhubungi Sekwan Amsal Qori Siregar Senin 04 November 2019, di kantornya, namun dirinya tidak bersedia ditemui.

“Seorang Sekwan (sekretaris Dewan) adalah pimpinan dari sekretariat DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) sebuah Kabupaten yang secara teknis operasionalnya berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada Bupati melalui sekretaris daerah, ” papar dari salah satu pelaku kontrol sosial Padang Lawas Utara.

Amran Hamonangan Harahap yang juga salah satu tokoh masyarakat yang hendak berurusan dengan Amsar Qori menjelaskan, “Keberhasilan dan capaian kinerja DPRD Kab Paluta (Kabupaten Padang Lawas Utara), tak terlepas dari peran penting dari Sekwan yang sekarang dijabat oleh Amsal Qori Siregar.”

Baca juga : 

Pembangunan Sekolah Dana Alokasi Khusus Di Paluta Diduga Tidak Mengikuti RAB.

Aliansi Mahasiswa Pemuda Paluta Geruduk Kantor Kejari

Berkedok Investasi Bodong Wanita Penipu Masuk Penjara

“Tugas pokok dan fungsi Sekretariat Dewan di atas sesuai dengan undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, UU Nomor 17 tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, serta Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah,” terang Harahap.

“Berdasarkan peraturan tersebut Sekretaris Dewan harus mampu mengelola seluruh sumberdaya yang dimiliki, dalam rangka menunjang fungsi DPRD di bidang legislasi, anggaran dan pengawasan secara efektif, efisien dan ekonomis,” lanjutnya.

“Selain itu juga harus transparan dalam proses penyelenggaraan administrasi dan pengelolaan keuangan dengan mempertanggung jawabkan semua, pelaksanaan kegiatan dan pengelolaan keuangannya. dan itu tidak dapat jumpai pada sosok Sekwan tersebut,” urai Harahap.

“Selain itu Sekretaris Dewan juga harus selalu berkoordinasi dengan semua pihak, sehingga apa pun permasalahan yang ada bisa diselesaikan dengan baik,” imbuhnya.

“Tapi dalam hal ini Sekretaris Dewan Kab Paluta provinsi Sumatera Utara Amsal Qori Siregar bisa dikatakan berkomunikasi biasapun tidak besedia, ” pungkasnya.

Sekwan Paluta saat awak media hendak masuk ke ruang kerjanya dkantor DPRD Kab Paluta, Sekwan tersebut tiba-tiba menyuruh seseorang untuk segera mengunci pintu ruangannya, dan awak media gagal memintai keterangan Sekwan Paluta tersebut.

*Hasibuan.

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas