Sorot Proyek Pembangunan Jalan ‘Asal Jadi’

BintangEmpat.com, Padang Lawas Utara – Dana kelurahan Pasar Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara, Agustus silam yang bersumber dari dana swakelola di kelurahan Pasar Gunung Tua dikerjakan asal-asalan (asal jadi).

Dari pantauan awak media usai pelaksanan upacara hari pahlawan 10 November 2019. Pembangunan jalan setapak di lingkungan Pasar Gunung Tua dengan volume 48,42 m3 sudah hancur dan retak. Padahal pengerjaan jalan kelurahan ini dimulai pada 09 November 2019 lalu.

Ketika para awak media dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bara Api, Kabupaten Padang Lawas Utara melakukan kontrol sosial di kelurahan Pasar Gunung Tua Lingkungan 5 dan juga Lingkungan 2 Pasar Gunung Tua.

Mara Bangun Simbolon Ketua DPC LSM Bara Api, meminta keterangan kepada salah satu pekerja yang tidak mau disebut namanya mengatakan, “disini ada alat menyerupai molen untuk mengerjakan pembangunan insfratruktur rabat beton pengadukan semen,tapi tidak dipergunakan di letak dipinggir jalan hanya sekedar modus.” paparnya.

“Pekerjaan ini hanya asal-asalan karena belum selesai sudah rusak dan retak bangunannya”, lanjutnya.

Baca juga : LSM Sorot Eksplorasi Tambang Pasir Ilegal

Dia juga menilai, “ada dugaan korupsi dari kejanggalan pelaksananaan kegiatan ini, ketebalan rabat tidak sesuai. Saya yakin ketebalan dan lebar kurang, ini hanya 10 cm saja”, ungkapnya juga.

Lurah Pasar Gunung Tua Julkifli Harahap saat dikonfirmasi tidak bersedia dijumpai dengan alasan karena banyak pekerjaan.

Ketika kami (red. Ketua LSM) menanyakan secara langsung kepada staf di kantor Lurah Pasar Gunung Tua M.Idris Tanjung, “kenapa lurah Pasar Tidak mau di jumpai ? kami hanya ingin mengkonfirmasi tentang pekerjaan swakelola dana kelurahan Pasar Gunung Tua,” ceritakan Mara Bangun Simbolon. Lalu staf kantor tersebut menjawab, “Saya tidak tahu, lurah masih ada kerja dan ada tamu”, cetus Idris.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bara Api bersama Abdul Malik (Pers) sudah beberapa kali ke kantor lurah namun lurah tidak pernah bersedia di jumpai.

*Harahap Kuro Kuro

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas