Darurat Sampah Kapolres Ubah Sampah Jadi BBM

Jawa Timur – Darurat Sampah Plastik. Sampah Plastik merupakan ancaman yang nyata yang saat ini Kita hadapi. Jutaan ton akumulasi sampah plastik di Laut telah menjadi monster menakutkan bagi keberlangsungan hidup alam dan umat manusia.

Lihat YouTube Kami

Momok sampah plastik mengancam kehidupan bersama. Nyatanya, sampah tersebut tidak bisa membusuk dan mengundang bencana bahkan pada makhluk Tuhan yang tidak pernah menggunakannya. Itu sebabnya, masing-masing Kita harus berupaya mempunyai senjata untuk mengalahkannya.

Masalah Sampah juga menjadi persoalan serius di salah satu pantai pesisir di wilayah Kabupaten Jember. Pantai Pancer Puger sudah menjadi langganan tahunan setiap musim penghujan ada ribuan kubik sampah kiriman yang bermuara di tempat ini. Menumpuknya sampah tersebut terjadi di pesisir bahkan ke bagian yang berdekatan dengan muara sungai.

Kapolres Jember serahkan dua unit pirolisis
Kapolres Jember serahkan dua unit pirolisis

Kepekaan dan kepedulian Kapolres Jember terhadap masalah lingkungan mendorong gerakan menghadap laut, sucikan laut dari sampah plastic dan bersatu menggelorakan yel-yel “ Jegeh Apike Jember,Bersama Kapolres Sampah Beres “

Sekitar 1000 Orang yang tergabung dari Personil Kepolisian, Relawan, Pelajar, Nelayan dan Pokdarwis Bersinergi dalam gelaran Apel Kegiatan Resik-Resik Sampah Plastik Dalam Rangka Gerakan Peduli Lingkungan Dengan Daur Ulang Sampah Plastik di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Jember. Sabtu Pagi ( 21/12/2019).

Dalam kegiatan apel ini. Kapolres Jember menyerahkan secara simbolis alat kerja bersih- bersih sampah sekaligus 2 Unit alat daur ulang sampah plastik ( Pirolisis ) kepada perwakilan pokdarwis masyarakat Puger.

“ Kita melakukan kegiatan berawal dari bersih – bersih sampah plastik di lokasi hilir maupun pesisir. Kita kumpulkan sampah plastik. Sampah plastik ini akan langsung di daur ulang menggunakan alat pirolisis yang tentunya cukup ekonomis’, Kata Kapolres saat ditemui awak media di sela-sela kegiatan.

“ Hasil daur ulang, berupa BBM setara dengan Bensin dan Solar. Untuk Bensin akan diberikan guna kepentingan mobilitas warga sementara untuk solar akan dimanfaatkan menjadi bahan bakar perahu nelayan”, Imbuhnya.

Kapolres berharap dari kegiatan ini, dampak dioxin dari limbah sampah plastik agar lebih dihindari terjadi di Kabupaten Jember. Karena senyawa dioxin dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Seperti stunting yang dapat mengganggu kesehatan dan pertumbuhan anak- anak.

Sementara itu Penggiat dan Pemerhati Pecinta Lingkungan Jember R. Masbut mengatakan sampah plastik ini dikelola menggunakan system penyulingan. Ini merupakan solusi menangani masalah sampah plastik. Dimana dari hasil daur ulang 10 Kg Sampah Plastik akan menjadi 10 Liter BBM.

Menurutnya membuang sampah sembarangan adalah memindahkan masalah. Kegiatan ini menjadi bagian upaya nyata Kapolres Jember dalam mengurangi dampak sampah plastik dengan mengelolanya menjadi BBM dan kemudian diberikan gratis kepada masyarakat Puger.

“ Baru kali ini ada kapolres yang sangat peduli dengan lingkungan, ini merupakan senjata ampuh dalam mengurangi limbah plastik di Laut. Memerangi sampah berarti mengurangi jumlah bencana kemanusiaan, Pungkasnya. ( Redaksi. Hadi Poernomo – Humas Polres Jember ).

#bijakberplastik
#dietsampahplastik
#sucikanlautdarisampahplastik
#bersamakapolresampahberes
#jegehapikejember

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Hak Cipta © 2020 BintangEmpat.Com. Diterbitkan Oleh: PT. Raja Pos Intermedia