Puluhan Sopir Dites Urine Hasilnya Mengejutkan

Darurat Sampah, Kapolres Ubah Sampah Jadi BBM

Jawa Timur – Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas karena human error, sekaligus juga dalam upaya mencegah peredaran narkotika di kalangan sopir angkutan umum. Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal, memerintahkan kepada satlantas untuk antisipasi kecelakaan lalulintas.

Para sopir menjalani tes kesehatan.

Kali ini sasaran utamanya adalah para sopir angkutan umum yang masuk ke Terminal Tawang Alun, Kecamatan Rambipuji Jember, mereka para sopir ditest urine dan pemeriksaan kesehatan, operasi ini digelar oleh Tim Gabungan Polres Jember. Senin,(23/12/2019).

Tes urine dan Pemeriksaan gratis bekerjasama dengan Urusan Kesehatan Polres Jember, RSU Kaliwates dan Dinkes Jember (Puskesmas Rambipuji). Selain pemerikaan gratis dan tes urine, juga dilakukan pengecekan kelengkapan (Ramp Chek) bus seperti buku kir, trayek lampu, kipas kaca, sistem rangka, sistem penggerak, sistem suspensi, sistem rem, roda-roda, aksesori/body, lampu, wiper, ban.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan sopir yang terindikasi mengonsumsi barang haram narkotika. Bahkan pengobatan gratis dimanfaatkan oleh puluhan calon penumpang bis untuk memeriksakan kesehatannya.

Kasatlantas Polres Jember, AKP Edwin Nathanael, S. I. K, didampingi Kanitlaka IPDA. Herry Yuliawan mengatakan, ini merupakan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh narkoba.

” Dalam kegiatan ini tidak ada pengemudi yang terindikasi gunakan narkoba, pengemudi dalam keadaan sehat sehingga dapat menjalankan tugasnya dan tidak membahayakan penumpang. Jika ada pengemudi yang mengemudi dalam keadaan tidak wajar seperti terlihat ngantuk, lelah, sakit, ugalan, main handphone dan lain-lain, agar penumpang merasa aman dan nyaman, ” jelas Edwin sembaru membagikan brosur himbauan.

Ia menjelaskan, bahwa saat ini kegiatan angkutan umum sedang melayani arus mudik menjelang natal dan liburan tahun baru, karena itu untuk memastikan layanan angkutan ini memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang bepergian maka pengemudinya harus bebas narkoba. “Sementara itu, selain dilakukan tes urine, Dishub juga melakukan cek fisik bus dan diketahui semuanya laik jalan,” terang Edwin.

Puluhan Sopir Dites Urine Hasilnya Mengejutkan

Sunarto (53) penumpang asal Banyuwangi dan hendak ke Surabaya, mengaku senang atas upaya pihak Kepolisian. ” Polisi di Jember sangat respon, mereka ternyata sangat peduli terhadap keselamatan pengemudi dan penumpang, ” puji Sunarto.

 

(Redaksi – Hadi Humas Jember)

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan

Enable Notifications.    Ok No thanks
Hak Cipta © 2020 BintangEmpat.Com. Diterbitkan Oleh: PT. Raja Pos Intermedia