BERITA TERBARU

DAK Dinas Pendidikan Diduga Tak Sesuai Rab

Papan informasi proyek

Sumatera Utara, Pembangunan Sekolah Yang Bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Dinas Pendidikan tahun 2019 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Provinsi Sumatera Utara sudah selesai beberapa minggu yang lalu. Sekolah yang kecipratan dana tersebut sudah selesai pembangunan rehab maupun Ruang Kelas Baru (RKB) pada 28 Desember 2019.

Korban Tabrak Lari Didatangi Polisi

Meski demikian, sekolah penerima DAK juga tidak bisa seenaknya menggunakan Dana Alokasi Khusus tersebut karena sudah ada petunjuk teknis (juknis) yang diatur, apalagi jika tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB)

Baca juga : Proyek Asal Jadi TP4D Paluta Dituding Terima Upeti

Ternyata fakta dilapangan berbeda dengan apa yang terjadi disalah satu sekolah negeri di Paluta, tepatnya di SD Negeri 101310 Desa Saba Sitahul Tahul Kecamatan Padang bolak.

Dari pantauan awak media, sedang berlangsung pembangunan rehab tiga ruangan kelas tersebut dilokasi terdapat beberapa kayu yang sudah terpasang untuk rangka atap dan plafon dan dinding didalam ruangan terlihat tidak sedikit yang sudah retak dan diduga tidak sesuai dengan spesifikasi dan juknis yang ada di RAB.

Bejat Cucu Perkosa Neneknya Sampai Pendarahan

Seorang pekerja yang tidak mau disebut namanya berada di lokasi pembangunan malah mengakui kalau proses pengerjaan tidak mengikuti juknis dan mereka disuruh apa yang perintahkan di RAB, “hami sanga beda mengikuti RAB be,dibangun songoni ma” (tidak lagi mengikuti RAB Juknis, ya dikerjakan begitulah), akui saat diwawancara sekitar pukul 10″12 WIB, (31/10/2019), ungkapnya.

Dari pengamatan bahkan yang ingin dikonfirmasi baik kepala tukang (bos bangunan) dan kepala sekolah tidak pernah bisa dijumpai dan belum pernah ada di sekolah.

Informasi data yang dihimpun, sekolah di desa Saba Sitahul Tahul ini mendapat anggaran DAK sebesar Rp. 255.000.000

Sementara dari pihak Dinas Pendidikan Paluta baik PPK dan Kabid Pembinaan SD tidak pernah bisa dijumpai saat ingin konfirmasi bagaimana Juknis tentang pembangunan sekolah tersebut dari dana alokasi khusus dinas pendidikan kabupaten Padang Lawas Utara sampai berita ini diterbitkan belum ada yang memberikan tanggapan.

 

*Harahap Kuro Kuro

Komentar ditutup.