BERITA TERBARUSOSIAL

Gandeng RTIK Pasuruan Desa Sidowayah Siapkan Jiwa Entrepreneur Warganya

Bahruddin, S. Sos mengisi acara Pelatihan Jual Beli Online di Balai Desa Sidowayah

Jawa Timur – Relawan TIK Pasuruan Gelar Pelatihan Jual Beli Online untuk Karang Taruna Tunas Harapan Bangsa Desa Sidowayah di Balai Desa Sidowayah Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan, Sabtu Malam (29/01/2020).

Turut hadir di kegiatan tersebut Kepala Desa Sidowayah, Sekretaris Desa, KIM Merah Putih dan Anggota Karang Taruna Tunas Harapan Bangsa Desa Sidowayah. Dalam kesempatan ini Ketua Karang Taruna Tunas Harapan Bangsa Didik Setiawan menuturkan bahwa kegiatan pelatihan ini sebagai stimulus untuk menumbuhkan wirausahawan muda yang siap menghadapi revolusi industry 4.0.

Baca juga : Ijen Diterjang Banjir Warga Panik

“Kegiatan ini bertujuan membantu wirausahawan dan remaja karang taruna untuk lebih memanfaatkan kemajuan teknologi yang berupa internet sebagai sarana jual beli online agar nanti bisa bersaing di era revolusi industri 4.0. Harapan saya ini merupakan langkah awal untuk pemberdayaan karang taruna sehingga nanti dapat mendapatkan penghasilan dari jual beli online ini,” jelas Didik Setiawan.

Kepala Desa Sidowayah Sukino pertegas kepada suluruh peserta pelatihan, “Dana Desa bisa diserap untuk pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk kegiatan Karang Taruna Tunas Harapan Bangsa desa Sidowayah”, ujarnya ketika memberi sambutan.

Baca juga : Beredar Rekaman Mayat-mayat Tergeletak di Jalanan Wuhan Akibat Virus Corona

“Kami beserta seluruh perangkat tahun ini, telah bersepakat untuk mengembangkan Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui pembuatan kolam renang, pengolahan air bersih dan pasar kuliner. Saya berharap teman-teman karang taruna nanti bisa ikut andil sehingga nanti bisa mengangkat perekonomian warga desa Sidwayah. Melalui pelatihan ini merupakan cikal bakal menuju perencanaan kami di desa. Kami berkeinginan warga desa khususnya karang taruna sudah tidak sibuk lagi mencari pekerjaan karena apabila tiga rencana ini kami gelar untuk membuka lapangan pekerjaan di desa Sidowayah ini.” Tegas Sukino

Jaleng Pemilukada Waspadai Hoax dan Hate Speech

Ketua Relawan TIK Pasuruan Bahruddin, S. Sos, selaku pembicara pada kegiatan tersebut menyampaikan, “Di 2020 literasi digital di bidang kewirausahaan sangat dibutuhkan guna meningkatkan penjualan produk-produk yang ada di Desa Sidowayah. Tiga kunci sukses berbisnis online. Kejujuran adalah kunci utama dalam berbisnis agar dipercaya oleh para pembeli. Selain itu, kualitas produk juga perlu diperhatikan agar tidak mengecewakan konsumen,” papar  maskot RTIK yang akrab dipanggil Kak Bro.

 

*Iero