Penyakit Ispa Rangking Satu Di Lumajang

Penyakit Ispa Rangking Satu Di Lumajang

dr Bayu Wibowo IGN
dr Bayu Wibowo IGN

Jawa Timur – Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA adalah infeksi yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea (pipa pernapasan), atau paru-paru. Bisa dikatakan ISPA merupakan infeksi yang mengganggu proses pernafasan seseorang.

ISPA termasuk penyakit yang gampang sekali menular. Hal itu dikatakan Kepala Dinkes Lumajang dr Bayu Wibowo IGN, Senin (13/1/2020) siang kemarin di kantornya.

Dijelaskan, ISPA menjadi penyakit nomor satu di Lumajang. Pasalnya sepanjang 2019, dibandingkan penyakit lainnya, jumlah penderita ISPA tercatat diurutan teratas.

Surabaya Banjir Warganet Salahkan Anies Baswedan

Namun Ia belum bisa menyampaikan berapa jumlah penderita ISPA atau penyakit tertinggi lainnya sepanjang 2019.

“ISPA yang tertinggi, penyakit lainnya yang paling banyak menyerang warga adalah Mialgia/Nyeri Otot, Gangguan Saluran Pencernaan, Hipertensi, Penyakit Kulit, dan juga Diabetes,” jelas Bayu.

ISPA terang Bayu, rawan menyerang warga. penyakit tersebut memang mudah menyebar di udara bebas dan kondisi cuaca juga mempengaruhi penyebaran penyakit ini. Untuk mengantisipasi, Ia mengingatkan warga untuk menguatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang, dengan cara rutin berolahraga, makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Korupsi Tanah Kuburan Wakil Bupati Ditahan

“Gejala orang yang terkena ISPA diantaranya demam tinggi, batuk pilek, sakit tenggorokan. Kalau anak-anak bisa sampai diare, virus ini mudah menular melalui udara bebas. Misal di rumah ada yang kena, bisa kena semuanya, kondisi cuaca juga mempengaruhi penyebaran penyakit ini. Saat musim hujan misalnya, ISPA rawan menyerang baik orang dewasa maupun anak-anak,” pungkasnya.(Wan)

B4

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan