Nurul Khomsi Qurban 5 Sapi dan 5 Kambing

Foto: Jamaah khusuk mengikuti sholat Ied di halaman Masjid Nurul Khomsi

BintangEmpat.Com, Jawa Timur – Allaahuakbar, Allaahuakbar, Allaahuakbar… gema takbir berkumandang menyambut Idul Adha 1441 H, ditengah pandemi Covid-19 atau yang dikenal dengan corona. Namun pandemi itu tak membuat loyo bagi umat islam untuk menyambutnya.

Seperti jamaah Masjid Nurul Khomsi, Dusun Keduwul, Desa Menongo, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, para jamaah dengan khusuk menjalankan sholat Idul Adha secara berjamaah pada 31 Juli 2020.

Foto: Yasir Tajid

Jamaah yang hadir hampir mencapai 300 orang itu, di-imami oleh Muhammad Soleh, dari Kecamatan Sukodadi, disambung khutbah yang disampaikan oleh Khotib Yasir Tajid, dari desa setempat.

Dalam sambutannya, Yasir menyampaikan arti sebuah pengorbanan dari Nabi Ibrahim. “Jika kita tidak bisa berkorban yang besar, mari kita belajar berkorban yang kecil-kecil dahulu”, ujarnya.

Foto: proses penyembelihan hewan qurban, tampak Muhammad Soleh sedang mengeksekusi dengan golok tajamnya.

Setelah khutbah selesai, para jamaah melanjutkan sembelih hewan qurban. Dalam hal ini, Masjid Nurul Khomsi menyembelih 5 ekor sapi jantan dan 5 ekor kambing jantan. Tukang sembelih itu sendiri langsung dilakukan oleh Muhammad Soleh disambut gema takbir.

Pembagian daging akan didistribusikan untuk seluruh warga Dusun Keduwul. Menurut Takmir sekaligus ketua panitia qurban, Mustari, menuturkan bahwa warga akan mendapatkan 1 kg daging.

Foto: dari kiri Abu Amar dan Mustari

“Kami akan bagikan daging satu kilo gram ditambah yang lainnya, jadi sekitar 2 kilo gram-an totalnya per kepala keluarga”, jelas Mustari.

Mustari berterimakasih kepada para jamaah yang telah iklas mengurbankan sapi dan kambingnya. “Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh para jamaah”, pungkasnya mengakhiri.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

Tinggalkan Balasan