Menpan RB, Reward Predikat Pelayanan Prima Untuk Ratusan Jajaran Polri

BintangEmpat.com, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan penghargaan predikat pelayanan prima kepada 12 Polres di Indonesia. Reward itu diberikan lantaran terciptanya pelayanan publik yang baik.

Dalam hal ini, Kemenpan-RB melakukan evaluasi tiap tahunnya. Pada tahun 2020, kementerian itu menilai setidaknya 209 unit layanan yang ada di Polres, Polresta, Polrestabes dan Polres Metro.

“Visi-misi Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin adalah reformasi birokrasi. Yang diinginkan pak Presiden kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa,” kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo dalam acara virtual ‘Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020’, Dijakarta Selasa (16/2/2021).

Soal Otsus Papua, Pigai Temui Ketua Demokrat

Lanjutnya, ada beberapa aspek yang menjadi penilaian predikat pelayanan prima itu, diantaranya adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana (Sarpras) , sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

“Kriteria dari penilaian predikat prima tersebut diantarnya Profesionalisme SDM, Kebijakan untuk pelayanan, informasi pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, inovasi pelayanan Publik, dan sarpras”,Tambahnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kata sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kemenpan-RB yang telah melakukan pemantauan dan evaluasi atas kinerja pelayanan publik khususnya di internal Kepolisian.

“Kami berusaha terus tingkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kemajuan digital, sehingga pelayanan publik betul-betul menjadi pelayanan yang diharapkan masyarakat khususnya memangkas birokrasi,” Terangnya.

Masih menurutnya, oleh sebab itu, Polri sudah membuat Road Map terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024.

“Inovasi ini bertujuan memberikan pelayanan Polri yang lebih baik di masyarakat, pelayanan publik online disajikan Samsat online, SIM online, SKCK online,” Tambahnya.

Sigit berharap dengan diberikannya predikat pelayanan prima ini ke-12 Polres, Polresta dan Polrestabes, mampu menciptakan iklim persaingan sehat di internal untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi yang jauh lebih baik lagi.

“Saya ucapkan terima kasih ke-12 Polres upayakan inovasi dan dapatkan predikat prima semoga jadi pemicu rekan lain untuk lakukan hal yang sama,” harapnya.

Sementara untuk 12 Polres, Polresta dan Polrestabes yang meraih predikat pelayanan prima, enam diantaranya dari jajaran Polda Jatim antara lain, Polres Malang, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Malang Kota dan Polres Banyuwangi.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyebutkan, 6 (Enam) Polres dan Polresta yang meraih predikat pelayanan prima, bisa menjadi contoh serta motivasi bagi seluruh Polres maupun polresta jajaran Polda Jatim yang lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolda Jatim Janji Alat Testing

Sedangkan 40 Polres, Polresta dan Polrestabes yang mendapat kategori sangat baik, diantaranya; Polres Lamongan, Polres Madiun, Polres Madiun, Polres Magelang, Polres Magelang Kota, Polres Mojokerto, Polres Pasuruan, Polres Pasuruan Kota, Polres Tuban dan Polres Tulungagung.

“Enam polres/ta di Jatim yang sudah mendapatkan predikat terbaik dalam pelayanan prima, nantinya bisa menjadi contoh bagi polres/ta jajaran Polda Jatim,” pungkasnya.

*Wan).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang