Suta Widhya: RS Boleh Tolak Pasien Dengan Alasan Tidak Ada Peralatan Yang Memadai?

Caption: JS, Guru Sejarah dari SMA di Medan
Pernah juara 1 menulis essay dan diundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2009.

BintangEmpat.Com-Lebih seminggu ini kondisi kesehatan wanita asal Medan, dengan inisial JS ngedrop. Menurutnya sudah dua kali PUSKESMAS menolak permintaannya untuk di-swap. Akhirnya ia memutuskan untuk ke RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ia mengeluh kepada Suta Widhya SH, Sekjen Gerakan Advokat dan Aktivis (GAAS) (29/6/2021).

“Rupanya Puskesmas Pancoran beda dengan puskesmas kelurahan sehingga ia pergi ke PUSKESMAS Pancoran ditolak dengan alasan tidak ada peralatan yang memadai,” tutur JS kepada Sekjen GAAS Suta Widhya SH menirukan. kepada awak media yang menghubungi via seluler Rabu (30/6)2021) siang.

Suta Widhya
Suta Widhya (kiri) bersama mendiang Ki Gendeng Pamungkas

JS bertahan sendirian selama seminggu ini tanpa ditemani siapapun. Perempuan single parent ini merantau dari Medan sejak lebih setahun lampau dan tinggal di sekitar Tegal Parang, Pancoran, Jakarta Selatan.

“Kemarin ia diarahkan puskesmas Pancoran Barat, periksa ke Puskesmas Mampang. Dengan alasan alatnya tidak ada di Pancoran. Sampai di Mampang dokter di sana bilang kuotanya habis. Hanya bisa menampung 150 orang saja. Dengan alasan tidak memeriksa alasan Rayon Pancoran harusnya di Puskesmas Pancoran pula, bukan di dalam Rayon Mampang, ” ungkap JS kepada Suta.

Akhirnya JS akan mendatangi Puskesmas Pancoran untuk menyampaikan penolakan puskesmas mampang. Bila seperti ini cara bekerja tenaga kesehatan tentu akan banyak orang yang tidak mendapatkan pelayanan yang memadai dari Puskesmas dan Rumah Sakit.

Hal nyata terjadi dan dialami pula Tukiyem, warga RT 12 RW 16 Palmerah. Ia ditolak di RS BM (RS Bhakti Mulia) dan beberapa RS lain di Kecamatan Palmerah, dan Kecamatan Petamburan tidak jauh dari rumahnya. Akhirnya selesai di jalan perempuan usia 48 tahun ini meninggal dalam perjalanan ke rumahnya. Ia meninggal karena sesak nafas dan komplikasi sakit jantung. *Red

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang