Permudah Pengurusan Sertifikat Tanah PTSL

Caption: kepala ATR/BPN Lumajang, DR. H. Ramlan SH MH.

BintangEmpat.Com – Sertifikat Hak Tanggungan (SHT) dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melalui ATR/BPN Lumajang, ditahun 2021 harus merampungkan sekitar 49 ribu bidang Sertifikat Tanah, tentunya jumlah tersebut include dengan PTSL tahun sebelumnya yang memang belum terselesaikan.

“Target kami untuk tahun 2021, SHT 49 ribu bidang, maksimal bulan Oktober 2021 harus terselesaikan”,Terang DR. H. Ramlan SH MH., Senin (26/7/2021).

Dalam masa pandemi Covid 19, terlebih pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat, Ramlan berharap pihak desa maupun pihak lainnya bersinambung untuk mensukseskan PTSL 2021, agar program tersebut bisa tercapai susuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Kami berharap semua elemen masyarakat melalaui pihak Desa, tetap semangat untuk turut serta mensukseskan program PTSL ini”,Lanjutnya.

Melalui Peraturan Bupati Kabupaten Lumajang Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, pihak desa melalui Kelompok Masyarakat Sadar Tertib Pertanahan (Pokmasdartibnah), harus menjadikan pedoman untuk tetap aktif dan semangat dalam menyelesaikan pemberkasan dan administrasi.

“Di Perbup Nomoro 19 tahun 2018 sudah dijelaskan, dan itu bisa dijadikan rujukan untuk merampungkan berkas program sertifikat masal ini”,Tandasnya.

Harapan Ramlan, dengan program PTSL 2021 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kabupaten Lumajang, dalam pengurusan bukti kepemilikan tanah.

“Ini kesempatan bagus bagi masyarakat, karena program ini lebih mempermudah dan murah bagi masyarakat dalam pengurusan sertifikat tanah”,Pungkasnya (wi)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang