PKS Instant dan Dibiayai Uang Negara Proyek Bumi Perkemahan Glagah Arum

Caption: Lokasi proyek

BintangEmpat.Com, Jawa Timur – Untuk persyaratan utama dalam pembuatan Perjanjian Kerja Sama (PKS) atas pemanfaatan kawasan hutan, Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) harus memiliki ijin SK. KULIN KK sesuai Peraturan Menteri Kehutanan P. 83 Tahun 2016 tentang Perhutanan Sosial Skema Kemitraan Kehutanan No. SK 9179/MenLHK-PSKL/2018.

Meski Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) memberikan dukungan pengembangan usaha perhutanan sosial, melalui Surat Edarannya Nomor 552/1392/SJ, yang ditujukan kepada Bupati / Walikota, namun bukan berarti semua pihak bisa seenaknya melakukan kerja sama untuk pemanfaatan kawasan hutan.

Semisal desas desus PKS yang sudah dikantongi Kwarcab Pramuka Kabupaten Lumajang, dengan LMDH ‘Sumber Hasil’, maupun pihak Perum Perhutani KPH Probolinggo , atas pemanfaatan kawasan hutan untuk pembangunan Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum, Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, yang hingga saat ini masih terkesan simpang siur.

Diakui oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Lumajang, yang juga sekaligus sebagai Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, M. Si., dalam sambungan Whattshapp, meski dirinya mengakui Kwarcab Pramuka Kabupaten Lumajang sudah ada PKS, namun dirinya mengatakan bahwa LMDH ‘Sumber Hasil’ belum memiliki SK KULIN KK.

” Belum ada SK KulinKk , itu kan dukungan buat perhutanan sosial ” Ujarnya 17/7/21 melalui sambungan langsung via WhatsApp.

Setali tiga uang, Lesmono, Asper Perhutani BKPH Senduro dan Adim Ketua LMDH ‘Sumber Hasil’ , Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro juga mengatakatan bahwa pembangunan Buper Glagah Arum sudah ada PKS , namun hingga saat ini keduanya juga belum menunjukkan atau menjelaskan yang menjadi acuan dari PKS tersebut dari aturan yang mana. Namun dirinya Lesmana tak menampik jika kawasan Bumper masuk kawasan Yang sudah ada SK KulinKk .

” Sudah ada SK KulinKk , bang ”
21/7/21 Ujar pria jebolan SMK perhutanan Makassar.

Meski demikian Buper Glagah Arum Desa Kandang Tepus Kecamatan Senduro tahun lalu sudah dilakukan peletakan Batu Pertama oleh Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M. ML., yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lumajang tepatnya pada tanggal 15 Juni 2020 lalu.

( Wi ) Bersambung …

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang