Polres Lumajang Tangani Dugaan Kasus Proyek Grondfile Tanggul Darurat Rp 4 Milyar

Caption: Kasus Proyek Grondfile Tanggul Darurat Rp 4 Milyar BPBD

BintangEmpat.com – Kasus dugaan tindak pidana pembangunan gronshile tangkis lahar dingin gunung Semeru, disekitaran Daerah Aliran Sungai (DAS), tanggul darurat sisi kiri kali rejali Dusun Kebondeli Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sesuai Laporan Informasi (LI) dalam pemberitaan salah satu media cyber, sudah diambil alih unit Tipidkor Satreskrim Polres Lumajang.

“Sesuai LI kami akan melakukan penyelidikan dugaan-dugaan penyimpangan pengerjaan grondfile tersebut”,Ujar Kanit Tipidkor Satreskrim Polres Lumajang, IPTU Irwan Lukito, SH., Rabu (7/7/2021).

Nampaknya Irwan enggan berkomentar lebih jauh, ketika ditanya dugaan penyimpangan pengerjaan tersebut secara spesifikasi.

“Tunggu hasil dari penyelidikannya ya”,Tandasnya.

Dilihat dari RAB pengerjaan proyek tersebut, seharusnya ada 3 (Tiga) berat yang digunakan dalam pembangunan tersebut, diantaranya Eksavator 2 unit @ PC 200, 1 unit Eksavator PC 75, dan 1 unit Breaker (alat pemecah batu) namun kenyataannya menurut salah satu saksi yang juga ikut dipekerjaan, menjelaskan cuma ada 1 unit alat berat eksavator berkapasitas PC 75.

“Alat beratnya cuma satu eksavator yang PC 100 saja”.Terangnya.

Sebelumnya, Arif Suharto, Dirut CV Guna Karya selaku pelaksana pengerjaan gronfile tanggul darurat DAS sisi kiri kali rejali Dusun Kebondeli, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, yang diduga dalam pengerjaannya tidak sesuai RAB nya.

“Saya sudah siap seandainya harus dibongkar untuk diukur ulang, memang ada perubahan RAB, dan itu akan kami hadapi”,Terangnya.

Dikatakan pula, Arif Suharto tidak takut dalam pemberitaan investigasi pers terkait proyek gronshile dibawah naungan BPBD Kabupaten Lumajang tersebut, namun dirinya hanya takut ketika dilakukan audit oleh BPK.

“Kalau diberitakan saya tidak takut, tapi yang saya takutkan saat diaudit BPK”,Pungkasnya. *(Wi)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

One thought on “Polres Lumajang Tangani Dugaan Kasus Proyek Grondfile Tanggul Darurat Rp 4 Milyar

Komentar ditutup.