Tepis Pendataan Fiktif Pada Alokasi RTLH Melalui DD

Caption: Warga yang mendapat Rtlh.

BintangEmpat.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Pajarakan Kulon, Kecamatan Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur, beberapa Waktu lalu dikabarkan melakukan pendataan Fiktif terhadap Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2019 yang dilaksanakan melalui Dana Desan(DD). Namun dugaan tersebut ditepis oleh Pemdes setempat.

Kabar tersebut, tidak hanya santer tersiar disalah satu Media Online, namun juga berkas dugaan pendataan Fiktif telah dikirimkan kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur oleh Salah satu Lembaga Hukum (LBH) di Kabupaten Probolinggo, tertanda tangani Minggu (30/5) lalu.

“Tadi salah satu anggotanya datanya ke Kantor Desa untuk memberi berkas dan bukti pengiriman ke Kejati, Surabaya,” ujar Kepala Desa Pajarakan Kulon Anas.

Dalam berkas tersebut salah satunya disebutkan bahwa dugaan pendataan Fiktif tersebut terjadi pada Sakinah, Warga RT 2 RW 2, Dusun Karangrejo, Desa Pajarakan Kulon.
Dalam berkas tersebut menyebutkan bahwa, Sakinah mendapatkan Program RTLH dari DD 2019. Namun begitu, pembangunan RTLH tersebut tidak dibangun oleh Desa, Melainkan Oleh bantuan Milik KODIM 0820.

“Sebelumnya memang dianggarkan, namun lantaran program RTLH dari KODIM juga ke Ibu sakinah itu, maka sesuai dengan Musdes Perubahan RTLH yang tadinya untuk Ibu sakinah, maka kami dialihkan ke warga lain, yakni Moh Gufron yah ada di RT 3 RW 1. Sudah kita bangun pada Agustus 2019,” katanya menanggapi hal tersebut.

Sejatinya ia menyayangkan adanya kabar yang berhembus, bahkan sampai dikirim ke Kejati Surabaya. Sebab menurutnya, kabar perihal data fiktif pada program RTLH dari DD tersebut, tidak terkonfirmasi secara berimbang.

“Harga diri bagi saya atas kejadian ini. Misal Datang degan baik-baik. Ungkapkan apa yang menjadi keresahan atau problemnya. Sebelumnya bilang kalau sudah mengkonfirmasi melalui WhatsApp, nah hp WhatsApp saya kan tidak selalu dibawa. Kalau yang telfon dibawa terus,” ujarnya.

Beredar Video Jenazah Tak Disucikan

 

Di samping itu, Isnaji kepala dusun (Kasun) karang Rejo, atau Kasun dari Sakinah mengatakan pemberi tahuan kepada sakinah bahwa Dana untuk RTLH melalui BLT DD miliknya akan dialihkan pada penerima lainya. Sebab Sakinah sendiri sudah mendapatkan bantuan RTLH dari KODIM.

“Sudah saya beri tahukan, bahwa pengalihan tersebut dilakukan saat Musdes perubahan,” ujarnya.

Baik Kades maupun Kasun, berharap dengan adanya kejadian ini, pihaknya berharap kepada media maupun pihak lainya agar dapat berkomunikasi dengan baik dalam pemberitaan yang melibatkan nama baik maupun kinerja instansi pemerintahan. *Ant

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang