Pembangunan Gedung TK Muslimat NU Purworejo, Dibangun Kembali Setelah Konflik Penggunaan Anggaran DD

Mohamad Nyoto Kades Purworejo

 

BintangEmpat.com, Lumajang. Proyek pembangunan rehab gedung TK Muslimat NU Desa Purworejo Kecamatan Senduro, saat ini sudah dikerjakan kembali melalui dana hibah dari Provinsi Jawa timur, yang mana sebelumnya anggaran pembangunan tersebut dianggarkan dari pemerintah Desa Purworejo Kecamatan Senduro.

“Untuk pembangunan yang sekarang, kita dapat anggaran hibah dari Pemerintah Provinsi Jatim”,Ujar Eni Kaifah S.P.d., Kepala Sekolah TK Muslimat NU Desa Purworejo Kecamatan Senduro. Rabu (18/8/2021).

Disinggung soal bangunan sebelumnya, yang sempat menjadi rumor karena dibangun tidak sesuai peruntukannya, Eni Kaifah menjelaskan bahwa sebelum pembangunan lantai atas pondasi dan pancang bangunan ditambahi besi beton.

“Direhab dulu mas, menambahi besi penyangga dan pondasinya”, terangnya.

Kakak Ipar Hamili Anak SMA

Sedangkan menurut kepala Tukang yang ditemui dilokasi pembangunan mengatakan dirinya tidak melakukan pembangunan tambahan besi untuk pondasi maupun pancang penyangga bangunan.

“Saya hanya mengerjakan yang lantai atas saja pakai bata ringan, untuk tambahan besi penyangga dan pondasi kami tidak mengerjakan karena tidak ada perintah untuk itu”,Jelasnya.

Sementara Muhammad Nyoto Kades Purworejo Kecamatan Senduro, membenarkan adanya penganggaran yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) tahun 2020 untuk pembangunan gedung TK Muslimat NU, namun Nyoto menjelaskan bahwa anggaran tersebut melalui rencana dari Mantan Kades sebelum dirinya menjabat.

“Anggaran tersebut sebenarnya dari pengajuan mantan kades yang lama, namun realisasinya saat saya menjabat, besaran anggarannya cuma sekitar Rp 100 juta”,Terangnya.

Karena Nyoto menilai kurang, sehingga dirinya menganggarkan kembali pada pencairan tahap III (Tiga) untuk dialokasikan dari DD tahun 2020 sebesar Rp 30 juta.

“Kami anggarkan kembali pada pencairan DD tahap III sebesar Rp 30 juta, karena kata Bu Eni (Kasek TK Muslimat NU) gedung sekolah tersebut akan ditingkat menggunakan anggaran hibah dari Provinsi Jatim”, paparnya.

Diduga Edarkan BBM Oplosan, Pengepul Mengelak Bukan Usaha Miliknya

Lanjut, Muhammad Nyoto, dalam pembangunan yang menggunakan DD sekitar Rp 100 juta tersebut dirancang untuk pembangunan gedung tidak bertingkat, sehingga dirinya melakukan penambahan besi pada tiang pancang gedung.

“Karena di rancangan awal tidak membangun dua lantai, maka kami anggarkan untuk penguatan pada pancang penyangga gedung”, pungkasnya.

Sebelumnya, Eni Kaifah Kasek TK Muslimat NU Desa Purworejo menegaskan bahwa anggaran hibah pembangunan rehab untuk lantai atas gedung TK Muslimat NU tersebut dari Pemprov Jatim sebesar Rp. 197 juta, dimana sebelumnya pembangunan gedung TK tersebut dianggarkan melalui pemerintah Desa setempat sebesar Rp 100 juta.

Wan*

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang

2 komentar pada “Pembangunan Gedung TK Muslimat NU Purworejo, Dibangun Kembali Setelah Konflik Penggunaan Anggaran DD

Komentar ditutup.