LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 27 September 2021, Jam 13.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang TRANSFORMASI PARIWISATA DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Dewi Yanti, M.Kom., menjabarkan program strategis pariwisata, meliputi pemulihan pariwisata, kualitas tourism dan ekonomi kreatif, serta digitalisasi dan kadaulatan digital. Dalam era digital pariwisata 4.0 penyebaran  dan konsumsi informasi di media sosial  terkait  aktifitas pariwisata menjadi penting terhadap  perkembangan pariwisata. Manfaat bagi destinasi wisata, antara lain informasi mudah di akses oleh masyarakat, informasi lengkap tentang destinasi, dapat di review oleh masyarakat, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta sarana komunikasi antara pengelola destinasi dan wisatawan.

Ditambah pemaparan, oleh Putri Dessy Natalia Siburian, SH., menjelaskan perilaku wisatawan dan gaya hidup, meliputi gaya hidup menentukan aktivitas wisata, pilihan tujuan wisata berhubungan dengan keanekaragaman aktivitas wisata, tipologi wisatawan dipengaruhi gaya hidup, serta perilaku konsumen berhubungan dengan tipologi wisatawan.

Menurut Widya Handary, S.H, media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Blog dan jejaring sosial merupaan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Diakhiri dengan key opinion leader, oleh Azmy Zen sebagai Presenter, menjelaskan Semua orang adalah influencer, folowers adalah soal angka, tapi konten yang baik, bermanfaat dan informatif, lambat laun dengan sendirinya mempunyai impact yang sangat besar, apalagi di Industri Wisata. Tingkatkan terus kemampuan kita dengan mempelajari hal-hal baru bagaimaan supaya konten kita bisa lebih reach out. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang