LITERASI DIGITAL KABUPATEN LABUHAN BATU – PROVINSI SUMATERA UTARA

LITERASI DIGITAL
KABUPATEN LABUHAN BATU – PROVINSI SUMATERA UTARA

Rabu, 22 September 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang BIJAK SEBELUM MENGUNGGAH DI MEDIA SOSIAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang musisi yang akan ikut berpartisipasi.

Dalam literasi digital pengguna internet harus paham dengan bijak dalam bermedia sosial agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Menurut Reza Kurniawan, sebagai Content Creators, ICT Volunteers dan Computer Technicians, menjelaskan media sosial telah menjadi bagian yang tak dapat terelakkan bagi para penggunanya. Melalui media sosial kita dapat berbagi pesan melalui tulisan, audio maupun video. Media sosial terdapat ruang-ruang tertutup, namun tetap saja terdapat celah dalam pembukaannya. Akan lebih bijak jika kita melihat kembali apa yang kita bagikan, memperhatikan etika ketika berbagi di media sosial. Beberapa yang sering terjadi di media sosial di antaranya menyebarkan berita bohong atau menciptakan kebencian, mengunggah foto tidak senonoh, mengumpat dengan kata-kata kasar untuk meluapkan amarah, dan membully di media sosial. Sebagai acuan hukum dalam bertransaksi informasi dan elektronik melakukan diterbitkan UU tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) No. 11 Tahun 2008. UU ITE.

Tips beberapa cara pencegahan ketika berselancar di media sosial seperti jangan klink link yang mencurigakan, jaga pengaturan privasi profil di media sosial, jangan bagikan kredensial media sosial, dan ingat bahwa informasi yang tersebar dibeberapa posting, foto, status, komentar dapat mengungkapkan cukup banyak untuk penipu mencuri identitas. Selain tips tersebut, terdapat juga tips mengamankan akun media sosial bagi pengguna internet di antaranya gunakan password yang kuat, perkuat pengaturan keamanan di media sosial, hindari masuk ke media sosial melalui tautan luar, dan jangan memberikan akun media sosial ke pihak ketiga.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang