Ops Tumpas Narkoba Semeru 2021, Polres Lumajang Ungkap Kejahatan Narkotika

Caption: Tesangka

Bintangempat.com, Jawa Timur – Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021, yang digelar sejak 1 – 12 September 2021, Polres Lumajang dihari pertama Oprasi tersebut berhasil menggelandang 3 orang pelaku penyalah gunaan Narkoba golongan I jenis sabu-sabu di tiga tempat yang berbeda.

Kronologis pengungkapan ketiga orang terduga pelaku tersebut, Kasat Resnarkoba Polres Lumajang, AKP Ernowo, SH., menjelaskan bahwa para terduga pelaku berhasil diamankan dirumahnya masing-masing dan terbukti menyimpan barang haram tersebut.

“Awal giat Oprasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 ini, kami berhasil mengamankan 3 tersangka pelaku narkoba jenis sabu dirumahnya masing-masing, beserta barbuknya”,Jelasnya, Jumat (2/9/2021).

Lebih jauh Ernowo menceritakan, awal penangkapan dilakukan terhadap terduga pelaku pria berinisial AW (45) Warga Desa Sumbersari, Kecamatan Rowokangkung, sekitar pukul 05.30 WIB dirumahnya, selain itu setelah dilakukan penggeledahan petugas menemukan barbuk yang diduga adalah sabu seberat 0,11 gram yang disimpan dikamar tersangka, bukan hanya itu, petugas juga berhasil menemukan pipet kaca yang digunakan sebagai alat mediasi penggunaan sabu yang tersimpan didalam dompet.

“Setelah kami yakini data A1, kami langsung menuju rumah tersangka berinisial AW, untuk melakukan penggeledahan, dan ternyata dikamar tersangka kami temukan serbuk kristal putih yang diduga kuat adalah narkoba jenis sabu, selain itu kami juga menemukan pipit kaca yang menurut keterangan tersangka sebagai alat mediasi untuk menghisap sabu”,Terangnya.

Tak kurang dari dua jam setelah penangkapan tersangka AW, Opsnal Satresnarkoba Polres Lumajang juga berhasil menangkap pelaku lain ditempat berbeda, pria berinisial RFM (28) warga Desa.Dawuhan Wetan Kecamatan. Rowokangkung, diamankan dirumahnya setelah petugas berhasil menemukan seperangkat alat hisap sabu yang masih terangkai dengan pipet kaca yang masih ada sisa pembakaran.

“Untuk pelaku lain, juga kami amankan dirumahnya, setelah kami temukan barbuk rangkaian alat yang diduga untuk penggunaan sabu”,Tandasnya.

Setelah penangkapan kedua orang tersangka penyalah gunaan sabu, petugas langsung bergerak menuju jalan raya umum Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun, dan pria berinisial AR (47) berhasil diamankan karena terdapat membawa sabu seberat 0,45 gram lengkap dengan seperangkat alat hisap sabu.

“Untuk tersangka lainnya berhasil kami amankan dipinggir jalan umum masuk desa Yosowilangun Kidul, dan dari tangan tersangka kami berhasil mengamankan barbuk sabu seberat 0,45 gram dan alat hisapnya”,Terangnya.

Dari hasil pengungkapan tersebut, ketiga orang pelaku, langsung diamankan ke Mapolres Lumajang beserta barbuknya, guna dilakukan penyidikan lebih dalam untuk pengembangan peredaran narkoba dikabupaten Lumajang, diakui pula, bahwa ketiga tersangka yang sudah diamankan Satresnarkoba Polres Lumajang sudah menjadi Target Oprasi (TO) Tumpas Narkoba Semeru 2021.

“Ketiga tersangka ini telah masuk dalam daftar target Ops Tumpas Narkoba Semeru 2021, meski demikian, dalam Operasi yang sedang kami gelar ini walaupun bukan termasuk dalam daftar target operasi, bagi siapapun yang menyalah gunakan narkoba maka merupakan target penangkapan kami,”Pungkasnya. (Wan)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang