LITERASI DIGITAL KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Selasa, 26 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang DAMPAK POSITIF BERMEDIA SOSIAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang musisi yang akan ikut berpartisipasi.

Gawai dan media sosial memang menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan dalam keseharian hidup manusia saat ini. Menurut Harliantara, sebagai Dekan FIKOM Universitas Dr. Soetomo Surabaya, menjelaskan dalam teknologi informasi, fenomena pemanfaatan konten data dalam satu platform disebut sebagai instilah konvergensi, artinya menyatukan teknologi telekomunikasi, teknologi media baik cetak, elektronik maupun penyiaran, teknologi jaringan komputer dan teknologi mobile wireless dalam satu platform. Konten data dalam teknologi informasi dan telekomunikasi pada era ke depan menjadi sangat strategis, hal ini dikarenakan salah satunya adalah dengan adanya digitalisasi dalam semua jenis teknologi layanan penyampaian data. Pemulihan ekonomi nasional harus dimulai dari upaya pemulihan terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Adapun UMKM memiliki peranan penting terhadap perekonomian Indonesia.

Pemerintah sudah siap dengan desain terkait upaya menjadikan UMKM sebagai kekuatan ekonomi, pentingnya memperkuat kapasitas UMKM dengan sejumlah program utama seperti pendekatan ke pasar, go digital. Saat ini teknologi digital yang sedang berkembang seperti cloud, smartphones, apps dan data analytics memiliki dampak yang besar bagi konsumen dan bisnis di seluruh dunia. Secara global, teknologi digital khususnya yang menggunakan internet juga telah banyak digunakan dalam bisnis secara masif dan intens oleh konsumen karena memberikan kesempatan untuk jangkauan bisnis yang lebih luas dan juga mampu menghubungkan dengan lebih banyak orang baik melalui website maupun aplikasi sosial. Ada dampak positif di media sosial bagi pengguna internet di antaranya menambah wawasan dan informasi, mempererat silaturahmi, menyediakan pendidikan dan pengetahuan, menyediakan ruang untuk kegiatan positif, dan menjalin relasi yang luas.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang