LITERASI DIGITAL KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 16 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas KEBEBASAN BEREKSPRESI DI DUNIA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang musisi yang akan ikut berpartisipasi.
Dalam kebebasan berekspresi masih memiliki peran di dunia digital bagi pengguna internet berbagai platform media sosial.

Menurut Meisy Kris Melani, sebagai Deputy General Teasurer of Sobat Cyber Indonesia, menjelaskan bahwa kini dunia masuk ke dalam era digital, era di mana teknologi menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dalam dunia digital tergatung pada jaringan koneksi atau internet, sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia. Ada manfaat internet bagi pengguna seperti sarana komunikasi, sumber informasi, kemudahan melakukan kegiatan, sarana edukasi, hiburan dan berekspresi. Memahami kebebasan berekspresi di dunia digital menjadi salah satu bagian sangat penting untuk dipelajari. Ada pun lima batasan berekspresi atau berpendapat menurut Undang-Undang seperti batasan terhadap nilai agama, nilai kesusilaan, ketertiban, kepentingan umum, dan keutuhan negara.

Tips bependapat atau berekspresi yang baik di dunia digital di antaranya melakukan riset seperti berita di halaman internet atau media sosial yang tentunya punya kredibilitas yang akurat dan tepercaya, memikirkan bagaimana penyampaian pendapat dengan cara yang sopan dan beretika, serta mengikuti aturan yang berlaku. Selain hal tersebut, perlu juga menjaga silaturahmi dengan keluarga ataupun saudara yang jauh dan sudah lama tidak bertemu. Dalam berekspresi di dunia digital harus menjauhi yang namanya penyalahgunaan media sosial seperti unggah foto tidak senonoh, berbagi foto yang mengandung unsur kekerasan, dan penyebaran nama baik.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang