LITERASI DIGITAL KABUPATEN ASAHAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat, 17 September 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar MEMAHAMI PENTINGNYA MENJAGA KEAMANAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Menurut Tiro Sanchabakhtiar sebagai Founder Planet Design Indonesia mengatakan bahwa jejak digital adalah segala sesuatu informasi yang tampil di  dunia maya tentang seseorang yang dimuat oleh orang tersebut sendiri atau oleh pihak lain, baik sengaja atau tidak disengaja. Sekali informasi tersebut tampil di dunia maya, maka materi informasi akan berada di sana tanpa bisa ditarik kembali, abadi. Ragam jejak digital ialah segala sesuatu tindak tanduk kita di dunia maya, selalu terekam sengaja atau tidak benar atau tidak, selalu terekam, dan tidak terhapuskan.

Hairul Fahmi Lubis, S.Sos, MSP Akademisi LabuhBatu, memaparkan bahwa media sosial & kebebasan berekspresi penggunaan media sosial yang sudah pesat, tentunya berkaitan dengan kebebasan berkomentar secara lisan maupun tulisan di dunia maya. Kebebasan berekspresi di media sosial harus diawasi dan dibatasi.

Reza Kurniawan, S.T Content Creators, ICT Volunteers & Computer menjelaskan keunggulan media sosial dibanding media konvesional ialah menciptakan hubungan lebih intens dan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada user untuk berinteraksi dengan stakeholders, jangkauan luas dan global. Pemprov Jatim dapat menginformasikan program keseluruh Indonesia secara tepat tanpa hambatan geografis.

Edi Purwanto, M. Si. sebagai Dosen Ilmu Komunikasi mengatakan cara tetap aman berinternet yaitu dengan cara mengakses konten yang positif, validasi link mecurigakan, password yang kuat, periksa pengaturan privasi, bahaya orang asing, dan berpikir kritis terhadap setiap informasi.

Key Opinion Leader oleh Michelle Wanda seorang aktris, Prsenter, dan Influencer, diruang digital kita harus tau menjaga keamanan data pribadi untuk menghindari penipuan yang merugikan kita sendiri.   (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang