LITERASI DIGITAL KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Rabu, 29 September 2021, Jam 09.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang KETERAMPILAN DIGITAL YANG WAJIB DIKUASAI oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Pembahasan mengenai Keterampilan digital yang dapat diasah oleh generasi millennial ialah membuat konten di media sosial. Dengan memaanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk berkarya, akan menghasilkan banyak manfaat.

Tips dan trik membuat konten, antara lain paham teknik pembuatan konten, kenali targer audience, konten harus menarik dan informatif, mempunyai ciri khas atau karakter, konten yang orisinil, menyertakan hastag, serta tema konten konsisten. Materi yang akan di sampaikan ini tentang saran praktis dan kiat tertentu untuk membuat produk elektronik atau konten bagi generasi muda agar dapat disajikan kepada pengguna dengan menarik dan informatik.

Menurut Virna Lim, kemampuan digital merupakan kemampuan menggunakan dan mengoperasikan hardware, software, dan brainware untuk memproduksi produk digital.

Menurut, Mizwar, S.E., peran serta dan tanggung jawab milenial dan kelompok kreatif, antara lain aktif melaksanakan dan mengikuti seminar, diskusi, dan atau kegiatan bertajuk budaya, semaksimal mungkin dalam pergaulan serumpun untuk menggunakan literasi dan aksara yang menjadi bahasa ibu, serta bagi influencer, youtuber, dan milenial kreator dapat membuat konsentrasi konten bertajuk budaya.

Menurut Leli Hasanah Lubis, S.Pd., M.PD., hal yang perlu diperhatikan sebelum klik di internet, antara lain jaga username dan password, jangan asal klik link yang belum jelas kebenarannya, hati-hati menggunakan wifi publik, waspada email palsu, serta cek dan ricek.

Diakhiri dengan key opinion leader, oleh Dwi Yanti sebagai Influencer, menjelaskan meningkatkan keterampilan digital agar mempermudah masyarakat mendapat pekerjaan. Jaga jejak digital karena saat ini para perusahaan akan melihat jejak digital calon pegawainya. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang