LITERASI DIGITAL KABUPATEN ASAHAN – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 18 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB.
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang “MEDIA SOSIAL SEBAGAI WADAH DEMOKRASI” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Ronny H. Mustamu menjelaskan Memanfaatkan Internet untuk Belajar : Cari lokasi yang signalnya paling stabil, Fokus pada materi pembelajaran, belajar bersama, batasi akses yang tak perlu, jaga akses agar tidak di bajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Manfaat Internet Untuk Kesehatan : Layanan analisis, layanan panduan kesehatan, layanan konsultasi kesehatan, layanan informasi kesehatan. Menurut Virna Lim menjelaskan Kenali dan Pahami rekam jejak digital, rekam jejak digital merupakan segala rekaman atau bukti yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet dan terekam melalui komputer atau laptop. Jejak yang dapat ditinggalkan di internet meliputi, mencari dan berkunjung ke situs, aplikasi yang menggunakan GPS, like dan follow pada media sosial, mendengarkan musik online, nonton dan komen di youtube, games online, download aplikasi, pengiriman email, belanja online, serta tatap muka jarak jauh. Jenis jejak digital terdiri dari jejak digital pasif dan jejak digital aktif. Jejak digital aktif merupakan data yang sengaja dibuat untuk ditinggalkan penggunannya. Sedangkan, jejak digital pasif merupakan data yang ditinggalkan penggunanya tanpa disadari.

Menurut Rahmad Aditiya, ST., M.Kom., MTA menjelaskan media sosial merupakan media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh serta mendapatkan informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet, tujuannya untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang lebih luas. Bijak dalam bermedia sosial dengan menerapkan etika berkomunikasi dengan menggunakan internet antara lain, gunakan kata-kata yang sopan sehingga tidak menimbulkan ketersinggungan, tidak menggunkan kata-kata yang mengandung isu SARA, hati-hati dalam menggunakan huruf kapital, serta hindari perselisihan.

Leli Hasanah Lubis, S.Pd., M.Pd menjelaskan Literasi adalah kemampuan Seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat membaca atau memperoleh suatu informasi. Wawasan: Cara pandang atau cara melihat, Kebangsaan: Hubungan hukum antara orang dan negara, Wawasan Kebangsaan: Konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh mencakup segenap bidang kehidupan nasional meliputi aspek politik, ekonomi dan sosial budaya.

Diakhiri oleh Key Opinion Leader oleh Dio Hapsari sebagai Influencer, Menggunakan internet sehat dan aman, dengan cara tempatkan internet di ruang terbuka, tidak menanggapi email dari orang yang tidak dikenal, manfaatkan internet untuk kepentingan belajar, gunakan browser khusus untuk proteksi, tidak menanggapi. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang