LITERASI DIGITAL KABUPATEN DAIRI – PROVINSI SUMATERA UTARA

Jum’at, 22 Oktober 2021, Jam 14.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menjadi generasi cerdas di era masyarakat digital saat ini Indonesia mengalami perkembangan alat komunikasi digital yang begitu pesat seperti teknologi informasi dan komunikasi. Menurut Krisna Primanti, sebagai Current Profession, menjelaskan internet positif menjadi istilah aktivitas pemblokiran terhadap ruang digital yang dianggap tak layak muat oleh pemerintah di Indonesia. Masyarakat menjadi cerdas di era digital saat ini dinilai dari penggunaan internet dan media sosial sebagai memenuhi kebutuhan yang memanfaatkan ruang digital, salah satunya mejaga data pribadi. Terdapat alasan utama pentingnya menjaga data pribadi di internet seperti intimidasi online terkait gender, mencegah penyalagunaan data pribadi, menjauhi potensi penipuan, menghindari potensi pencemaran nama baik, dan hak kendali atas data pribadi. Hak yang dimiliki pemilik data pribadi di media sosial meliputi meningkatkan kesadaran menjaga data pribadi, data merupakan asset berharga, dan meminimalisir pelanggaran pribadi.

Sebagai pengguna internet yang cerdas perlu memahami dan melindungi data pribadi di dunia maya karena itu sangat berharga yang perlu diamankan. Terdapat langkah-langkah melindungi identitas digital seperti pastikan memilih menggunakan identitas asli atau samaran saat mengelolah akun platform digital, amankan identitas utama yakni alamat surat elektronik, dan konsolidasikan identitas digital dalam berbagai platform yang dimiliki. Selain itu, pengguna internet cerdas hendaklah menghindari aksi penipuan digital yang kini sedang marak di Indonesia. Untuk cara menghindari dari aksi tersebut dengan cara menjaga jangan mudah percaya dengan penawaran, jangan keluarkan uang untuk mendapatkan hadiah, selalu jaga kerahasiaan informasi pribadi, dan jauhi software antivirus palsu.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang