INFO

LITERASI DIGITAL KABUPATEN DAIRI – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 30 September 2021, Jam 13.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, S.P dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar LINDUNGI DIRI DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang mengunduh atau dalam bahasa Inggris disebut download, merupakan kegiatan menurunkan atau mengambil sesuatu dari tempatnya, yang sangat umum dilakukan warga internet. Berpikir bijak dalam mengunduh adalah seseorang mengunduh sesuatu di dunia digital, kita akan berpikir dahulu sebelum bertindak. Bijak ialah selalu menggunakan akal budinya, pandai, mahir.

Ciri-ciri bijak ialah berpikir sebelum berbicara atau bertindak, bersikap adil dan tidak egois, memiliki tujuan, menerima orang lain apa adanya, dan selalu mencoba memahami orang lain, menurut Desi Sijabat,S.Pd.,M.Pd sebagai Dosen PGSD UHKBPNP.

Ari Utami Praktisi siaran radio sejak 1992 (Tulungagung, Surabaya, Pasuruan, Kediri) memaparkan tentang literasi digital adalah basic skill yang diperlukan agar masyarakat semakin cerdas membuat dan mengolah informasi yang beredar di dunia maya. Literasi digital di dunia digital bisa memahami tren dan penguasaan perangkat teknologi, keterampilan digital untuk bertahan hidup, 170 juta pengguna aktif berbagai platform media sosial penggunaan 8 jam 52 menit setiap hari.

Key Opinion Leader Guido Hutagalung seorang Artis Kota Pematangsiantar yang membagikan pengalamannya lindungi diri di dunia digital yaitu menjaga dan melindungi data privasi dan jangan mudah tergiur dengan hal yang tidak jelas. (*)