LITERASI DIGITAL KABUPATEN DAIRI – PROVINSI SUMATERA UTARA

Selasa, 7 September 2021, Jam 13.00 WIB,
Dalam penggunaan media sosial pentingnya untuk memahami dan menangani keamanan di dunia digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera Utara tepatnya Kabupaten Dairi. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain MEMAHAMI PERLINDUNGAN DATA PRIBADI, LITERASI DIGITAL BAGI TENAGA PENDIDIK DAN ANAK DIDIK DI ERA DIGITAL, POSITIF KREATIF DAN AMAN DI INTERNET, dan BIJAKLAH SEBELUM MENGUNGGAH DI MEDIA SOSIAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi yang memberikan sambutan dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang MEMAHAMI PENTINGNYA MENJAGA KEAMANAN DI RUANG DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang memahami internet secara signifikan mengubah gaya hidup maupun pandangan masyarakat dalam beberapa cara. Penggunaan internet dapat mengubah tuntutan jaman dari waktu ke waktu berlangsung cepat dan tanpa memandang apa dan siapa. Selain itu, terdapat pengetahuan literasi digital yang baik juga perlu didukung kerangka internet yang sehat sehingga apa yang hendak dikomunikasikan dapat terwujud dan sesuai dengan etika berkomunikasi secara digital. Membahas internet, terdapat juga internet negative seperti mengakses situs-situs yang dilarang pemerintah, mengandung konten perjudian, pornografi, dan kekerasan. Sebagai pegguna media sosial kita harus melaporkan konten tidak mendidik dan menghapus yang melanggar budaya. Memaksimalkan penggunaan media sosial dengan cara positif maka para pengguna bisa aman dan mudah memakai internet.

Selain pembahasan di atas, terdapat juga pembahasan bijak sebelum mengunggah di media sosial. Pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai 202 juta orang. Dari angka tersebut, 73 persen menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Dalam penggunaan internet hendaknya digunakan untuk kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain. Hal utama yang penting untuk pengguna internet ingat selalu mengunggah hal-hal yang tidak jahat. Terdapat lima panduan dasar dalam menggunakan media sosial seperti menjaga privasi, jaga keamanan akun, menghindari hoax, menyebarkan hal yang positif, dan gunakan seperlunya. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang