LITERASI DIGITAL KABUPATEN DAIRI – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 11 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar MASYARAKAT DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Bersosial media adalah hak setiap orang, namun menjaga sikap adalah hal yang utama. Karena semua berasal dari diri sendiri, maka dari itu kelola diri agar tidak merugi. Etika merupakan ilmu yang mempelajari baik dan buruknya serta kewajiban, hak, dan tanggung jawab, baik itu secara sosial maupun moral, pada setiap individu di dalam kehidupan bermasyarakatnya atau bisa dikatakan juga bahwa etika mencakup nilai yang berhubungan dengan akhlak individu terkait benar dan salahnya. Berfikirlah sebelum kita mengunduh sesuatu. Apakah itu fakta yang sebenarnya atau bukan. Etika digital yang harus anda ketahui antara lain, abaikan komentar negatif, gunakan bahasa yang sopan saat mengunggah, dan pahami terlebih dahulu apa yang akan diunduh, menurut Rina Octavia Simarmata, S.Pd., M.Pd sebagai Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas HKBP Nommensen.

Tips menyehatkan media sosial antara lain, atur waktu mengakses internet, detox media sosial secara berkala, perhatikan apa yang teman anda posting mengenai anda  (tag foto,  peristiwa,  teman,  dan lain-lain), hapus foto yang tidak baik dan teman yang tidak jelas, hapus data penting yang pernah di posting tanpa sadar, dan mulai menata media sosial menjadi sarana personal branding. Cara menghapus data dengan hapus diri kita dari media sosial, hapus diri kita dari pencari orang dan situs pengumpulan data, hapus akun belanja online kita, hapus postingan, komentar, forum diskusi lama, dan nonaktifkan akun email anda, menurut Marsefio Sevyone Luhukay, S.sos., M.Si sebagai Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan.

Key Opinion Leader oleh Chika Ve sebagai Musisi dan Influencer menambahkan, semakin majunya teknologi membuat setiap masyarakat menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari. Kita juga sangat dipermudah dalam penggunakan internet, apa pun yang kita butuhkan sudah tersedia di internet, tapi kita juga perlu memiliki etika dalam menggunakan sosial media. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang