LITERASI DIGITAL KABUPATEN DAIRI PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 02 September 2021, Jam 09.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar KETERAMPILAN DIGITAL YANG WAJIB DIKUASAI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang menurut Dani Susetiawan sebagai Vice Chairman Sobat Cyber Indonesia,  tren pekerjaan dan usaha di dunia digital, membutuhkan skill desain grafis dengan menggunakan beberapa software, yang dibutuhkan kreativitas, komunikasi, aplikasi Adobe, presentasi, management waktu. Berikutnya adalah video editing, fotografi, step by step, pilih objek menarik, sesuaikan fokus dan pencahayaan, pintar memilih angle gambar, aktifkan grid and rules of thirds gunakan tripod, ambil gambar lalu edit. UI Designer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi atau situs, UX Designer menentukan bagaimana suatu aplikasi atau situs dapat beroperasi dengan mudah, dan Digital memiliki kelebihan kecepatan penyebaran, kemudahan evaluasi, jangkauan lebih luas murah dan efektif, membangun nama brand. Jenis copywriting antara lain data analytics, search engine optimization, Artificial, dan software develop.

Keterampilan digital lainnya yang harus dimiliki adalah menguasai aplikasi-aplikasi, sebagai contoh aplikasi e-commerce atau e-market. Fungsi dari e-market menurut Leo Fernando Simatupang, SE., MM sebagai Dosen Prodi Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, ialah menyamakan penjual dan pembeli, memfasilitasi proses pertukaran, menyediakan infrastruktur kelembagaan yang memungkinkan terjadinya efisiensi fungsi pasar, dan E-market dapat digunakan sebagai media ataupun alat untuk mengekpansi bisnis. Peran e-market untuk kemajuan produk lokal antara lain, E-market bisa menjadi peluang besar bagi produk lokal UMKM untuk memasarkan dan mengembangkan bisnisnya, pemanfaatan e-market dapat dilakukan guna memperluas akses pasar, dan membuka lapangan pekerjaan serta memberikan dampak positif bagi berbagai sektor pendukung bisnis e-market lain.  (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang