LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG 2 – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 28 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang “MENJAGA KEAMANAN DIGITAL ANAK ANAK” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Virna Lim menjelaskan Generasi Alpha adalah kelompok demografi yang menyusul Generasi Z. Para peneliti dan media populer memakai awal 2010an sebagai awal tahun kelahiran dan pertengahan 2020an sebagai akhir tahun kelahiran. Orang tua harus mengetahui dunia digital atau platfrom untuk anak anaknya seperti apa informasi yang mereka tangkap. Orang tua dapat memberi tahu apa yang baik dan yang tidak untuk diakses, jadi tidak harus takut memberikan gadget kepada anaknya.

Menurut Dr. Ahmadi, S.Si., MT menjelaskan Di era teknologi yang semakin meningkat, aktifitas di dunia maya juga akan ikut meningkat. Tak hanya mencari informasi, kini menggunakan internet untuk berselancar di dunia maya. Dunia maya atau biasa disebut ruang siber adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang dipakai Untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung). Apa saja aturan di Dunia Maya ? Yaitu: gunakan kata yang sopan, jangan memberikan info yang belom valid, perhatikan kata kata yang ditulis, jangan menggunakan kata kata mengandung sara dan sebagainya.

Menurut Christyan Hasudungan Pasaribu Habayahan, S.Sos., Msp menjelaskan Media digital telah meletakkan dasar bagi terwujudnya demokrasi digital karena adanya jaminan kebebasan berekspresi  dan semakin terbukanya ruang publik atau warga negara untuk berpartisipasi dalam proses politik. Media sosial yang paling banyak di gunakan di Indonesia yaitu: Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter, Line dan sebagainya. Makin meningkatnya peran media sosial sebagai sarana untuk mengakses berita oleh masyarakat cenderung diikuti oleh tren penggunanya untuk menyebar hoaks, berita palsu, ujaran kebencian, dan sejenisnya.

Menurut Faisal Karim S.I.Kom menjelaskan Manusia pada dasarnya hidup dalam berkomunitas ataupun berkelompok. Hal ini dapat kita rasakan dalam kehidupan keseharian kita. Dalam aktifitasnya, komunikasi menjadi hal yang fundamen untuk menyamakan tujuan, kepentingan dan kebutuhannya dalam melangsungkan hidup.

Diakhiri oleh Key Opinion Leader oleh Ferry Beat sebagai Influencer, Tips menjaga keamanan digital bagi anak – anak antara lain : batasi waktu yang anak habiskan untuk bermain dan berikan alternatif kegiatan yang lain. Orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak nya supaya anak nya bisa lebih pintar lagi ke depannya dan menjadi anak yang berguna dalam kondisi apapun serta mencari tahu apa minat hobi pada anak kita.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang