LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG PROV SUMATERA UTARA

Rabu, 15 September 2021, pukul 09.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang MEMAHAMI PENTINGNYA KEAMANAN DI RUANG DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menurut Ahmad Wira, M.Ag., M.Si.,Ph.d sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN IB, menjelaskan data pribadi bisa dengan mudah diserahkan atas persetujuan diri sendiri tanpa meneliti lebih jauh persyaratan yang ditawarkan. Selain itu penggunaan internet yang sembarangan dan tanpa pengamanan tambahan juga bisa tanpa sengaja membuat piranti diakses oleh pihak luar seperti penyadapan dan maupun kejahatan digital lainnya. Modus penipuan, meliputi modus penipuan klik link, modus penipuan minta tolong, modus penipuan kode OTP, serta modus penipuan atas nama lembaga. Atur keamanan digital, antara lain simpan data rahasia secara offline, gunakan kata sandi yang kuat, gunakan otentikasi dua faktor, periksa keandalan situs web, perbarui komputer, hindari tautan yang mencurigakan, hindari penggunaan wifi publik, serta periksa kembali informasi online.
Ditambah dengan pamahaman oleh Ananda Gema Perkasa, S.I.P., M.S.P sebagai Alumni Sekolah Demokrasi LP3ES, menjelaskan setiap pengguna digital mempunyai tanggungjawab sosial. Untuk itu pengguna digital sudah semestinya memasukkan nilai dan moralitas di dalamnya. Penggunaan media digital diatur dalam UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Etika dalam menggunakan internet, antara lain selektif dalam memilih informasi, tuntaskan membaca, pahami konten sepenuhnya, tidak provokatif, tidak membawa isu SARA, pikirkan pilihan diksi yang baik, ketikkan dengan baik, serta cek sebelum mengunggah atau berkomentar di media sosial.  (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang