LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Selasa, 28 September 2021, Jam 09.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang BIJAK BERMEDIA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menurut Cindy Vebyola, S.Sos., egoisme etis merupakan etika yang menilai suatu tindakan sebagai hal baik karena dapat memberikan kebaikan bagi pelakunya. Sebagai contoh dalam penggunaan media sosial, tentunya masyarakat memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja. Namun, dengan adanya hal ini tidak dapat diartikan bebas semaunya tanpa beretika, sehingga masyarakat perlu mengetahui etika yang harus diperhatikan dalam mengekspresikan pendapat dalam media sosial. Utilitarianisme adalah etika yang menilai baik atau buruknya suatu tindakan yang berdasarkan akibat yang akan didapatkan bagi banyak orang. Pada prinsipnya, etika utilitarianisme menganut bahwa segala tindakan yang dilakukan dapat memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang, sehingga yang perlu dilakukan hanyalah memikirkan tindakan yang dilakukan apakah merugikan orang lain atau tidak.

Menurut Nono Suparno, menjabarkan ketentuan yang perlu diwaspadai di internet, meliputi tidak menyerahkan data diri, harus menyetujui keseluruhan syarat, serta tidak menjamin keamanan mutlak. Antisipasi menjaga keamanan digital, antara lain pahami kebijakan privasi, ubah kata sandi jika terjadi kebocoran data, serta kumpulkan bukti dan lapor ke pihak berwajib.

Diakhiri dengan key opinion leader, oleh Tya Yustia, menjelaskan bijak bermedia digital dan menjaga keamanan digital agar dapat beraktivitas di media sosial dengan aman dan positif. Gunakan media sosial sebagai wadah untuk berkarya dan berkreasi yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. (*)

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang