INFO

LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 25 September 2021, Jam 13.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJAGA DAN MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menurut Vita Saepani, S.Psi., menjelaskan pembelajaran daring atau online dapat melatih peserta didik untuk memecahkan berbagai masalah dengan pemikiran yang kritis, holistik, lintas disiplin, dan kreatif. Tips pembelajaran secara daring dapat dilakukan secara efektif, dengan cara kelola waktu yang baik, tempat yang nyaman, perangkat yang dibutuhkan, komunikasi dengan pengajar dan teman belajar, serta jaga kebersihan.

Manfaat media digital dalam kontek pendidikan, meliputi meningkatkan ketertiban peserta didik dalam pembelajaran, membantu peserta didik dalam, memecahkan masalah, membantu meningkatkan proses berpikir kritis, serta membantu mendorong kesetaraan.
Dalam mengajarkan anak mengakses internet, orang tua perlu memberikan pengetahuan pada anak tentang kebebasan berekpresi pada anak di internet.

Menurut Muhammad Azhar Afandy Matondang, S.P., menjabarkan menyikapi kebebasan, meliputi kebebasan dengan tidak menyebarkan hoax, kebebasan sebagai ekspresi pembangunan manusia Indonesia era digital, kebebasan dalam menjaga hak asasi, kebebasan dalam mewujudkan persamaan dan kesatuan, serta kebebasan dalam mewujudkan ketertiban umum.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Febri Dyta sebagai Influencer, menjelaskan sebelum anak mengakses internet, ada banyak yang harus orang tua perhatikan agar anak tidak salah jalan saat beraktivitas di internet. Mendampingi anak dan menjadikan internet sebagai ruang untuk berkarya dan berkreasi sesuai dengan minat dan bakatnya. (*)