LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Senin, 11 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar KIAT-KIAT MELAWAN HOAKS oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Hoaks telah lama menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Salah satu kisah hoaks paling menggemparkan di masa lalu terjadi pada 1745 mengenai kisah bernama Benjamin Franklin yang menyatakan terdapat sebuah “Batu China” yang dapat mengobati segala macam penyakit. Berita tersebut benar-benar hilang pada abad ke-20  setelah Amerika Serikat membentuk Food and Drugs Administration (FDA). Informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa. Suatu informasi tidak benar yang disajikan sebagai berita, menurut Deddy S. Hutapea, S.A.P sebagai Akademis.

Drs. Eko Pamuji, M.I.KOM Sekretaris PWI Jatim dan Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jatim memaparkan Facebook gunakan AI untuk berantas hoaks diantaranya dapat mendeteksi  secara proaktif seperti pengembangan yang dilakukan sehingga facebook dapat mendeteksi adanya pelanggaran tanpa melapor pada pengguna lainnya, dan AI membantu facebook dalam  memonitor konten dengan skala yang  lebih luas. Jika terdapat konten yang melanggar kebijakannya maka facebook akan mengambil keputusan  sendiri seperti menghapus konten  tersebut.

Dr. Mahfud Fauzi, M.Pd Pimpinan Fullday Daarul Qur’an Indonesia mengatakan bahwa contoh penerapan internet tidak sehat salah satunya mencari atau membuka content yang bersifat atau berbau pornografi.

Key Opinion Ichal Faisal seorang Broadcaster yang membagikan pengalamannya tentang kiat-kiat melawan hoaks dengan cara pasang aplikasi pencegah konten yang tidak dikehendaki, unduh yang sehat unggah yang bermanfaat, dan yang paling terpenting saring sebelum sharing.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang