LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

 

Senin, 11 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar BAHAYA KEJAHATAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Bahaya-bahaya berselancar di ruang digital diantaranya keamanan data, jejak digital yang dapat ditracing karena kurangnya pemahaman digital security, pemahaman yang salah yang menyebabkan pemahaman dan sikap yang keliru seperti intoleran terhadap kelompok lain, hate speech, hingga aksi kekerasan atas nama keyakinan yang salah (baik atas nama agama, suku, ataupun ras), menurut Ahmad Rozali sebagai Content Creator TVNU. Sari Monik Agustina Akademis Japelidi memaparkan potensi kejahatan dengan data pribadi salah satunya kejahatan dengan data pribadi adalah penipuan daring. Penipuan daring memanfaatkan seluruh aplikasi pada platform media internet untuk menipu para korban dengan berbagai modus.

Tips melindungi diri data pribadi di internet adalah gunakan password yang sulit, jangan memberikan informasi mengenai data pribadi, perhatikan alamat URL dari situs yang kita kunjugi, perhatikan akses yang diminta oleh aplikasi yang baru kita instal, lakukan setting privasi di setiap akun media sosial yang digunakan, hindari untuk memberikan data pribadi dan hindari untuk melakukan transaksi. Key Opinion Dio Hapsari seorang Influencer dan TV Host yang membagikan pengalamannya tentang bahaya kejahatan diruang digital dengan adanya UU ITE yang mengatur jika melakukan kejahatan di dunia digital. Jangan gunakan fake account karena masih bisa dilacak, jangan ragu jika ada orang yang melakukan kejahatan atau kita merasa terganggu di blokir saja.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang