LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 9 September 2021, Jam 13.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJAGA DAN MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menurut Awan Albana sebagai CEO Ruang Ide Komunikasi, menjelaskan generasi alpha sejak lahir hidup dengan teknologi yang pesat, hal ini membuat generasi alpha sebagai generasi paling informatif. Generasi ini akan mempengaruhi gaya bejar dan akan menjadi yang paling cerdas, namun dibalik kelebihan anak alpha, orang tua harus memberikan kasih sayang dan mendidik supaya tidak salah jalan. Hal yang perlu orang tua lalukan dalam menjaga dan mendidik anak generasi alpha, meliputi menanamkan nilai yang baik, beri pendidikan agama, ajarkan sopan santun, batasi pengunaan gawai, eye contact, berikan permainan edukasi, ajari anak bersosialisasi, temani anak saat bermain gawai, ajari anak cara menggunakan internet yang baik, gunakan aplikasi ramah anak, unduh ekstensi parental di browser, aktifkan safe search dibroweser, serta aktifkan mode terbatas di youtube.

Ditambah dengan materi Virna Lim sebagi Chaiwoman of Sobat Cyber Indonesia, menjelaskan metode pembelajaran online yang memanfaatkan internet dan media digital dalam penyampaian materi sangat berguna bagi pendidikan di masa pandemi saat ini. Metode ini dianggap lebih dekat dengan generasi pelajar yang sangat menyatu dengan produk-produk teknologi. Hal ini merupakan salah satu bentuk digitalisasi dalam dunia pendidikan yang memiliki banyak manfaat. Mnafaat pembelajaran online, diantaranya praktif dan fleksibel, pendekatan yang lebih sesuai, pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, lebih personal, serta ramah lingkungan. Dengan menggali ruang diri di internet dengan kegiatan positif, akan menjadi salah satu investasi terbaik, dimana anak dapat berkreasi dan berkarya.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang