LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

Sabtu, 11 September 2021, Jam 09.00 WIB,
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang TREN RADIO DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Drs. Eko Pamuji, M.I.Kom sebagai Sekretaris PWI Jatim dan Ketua Jaringan Media Siber Indonesia Jatim, menjelaskan karakteristik Radio, antara lain imajinatif, akrab, ada musik dan talkshow, karakter suara penyiar yang unik dan beragam, dan efek teaterikal. Inovasi harus dilakukan oleh radio sebagai media massa yang sangat fleksibel karena bisa diintegrasikan dengan gawai. Perlu riset untuk mengetahui apa yang diharapkan atau disukai oleh pendengar atau pengakses. Jika tetap mempertahankan radio tradisional tanpa mau berubah, akan ditinggalkan generasi yang lahir di era internet. Radio harus bisa mengintegrasikan antara siaran terstrial dengan asset digitalnya. Keamana digital konten berdasarkan SOP Siaran, P3-SPS KPI, dan UU ITE. Bersaing sebagai institusi bisnis. Berubah untuk menjangkau khalayak yang perilakunya berubah seiring perkembangan zaman, terlebih untuk generasi Z yang lahir di era internet.

Dilanjutkan pembahasa oleh Rezky Heidy Pratiwi, S.Sos sebagai Ex Manager Radio di Medan, manambahkan pembahasan mengenai salah satu instrumen yang membuat radio menjadi lebih terproteksi dari hoax adalah proximitas, karena bersifat komunikasi tutur atau langsung dan memiliki hubungan psikologis dengan pendengarnya. Point-poin untuk menghindari hoax, antara lain hati-hati dengan judul provokatif, cermati alamat situsnya, periksa fakta, cek keaslian foto, dan ikut serta grup diskusi anti-hoax. Berita yang baik serta informatif tentu mengandung beberapa unsur di dalamnya. Umumnya, dalam sebuah berita akan terdapat sebanyak enam unsur yang sering disebut 5W + 1H.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang