LITERASI DIGITAL KABUPATEN DELI SERDANG – PROVINSI SUMATERA UTARA

 

Rabu, 13 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB.
Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang AMAN SAAT BELANJA ONLINE oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang musisi yang akan ikut berpartisipasi.

Aktivitas belanja secara daring juga bisa mengancam keamanan jika tidak dilakukan secara hati-hati. Menurut Bon Henry, sebagai Communication Specialist Executive Trainer dan Coach, menjelaskan belanja online merupakan proses jual beli produk baik berupa barang atau jasa melalui internet. Produk terdiri dari barang fisik dan produk digital. Menurut hasil data BPS-SSD dampak Covid 19, belanja online 9 dari 10 responden meningkat di masa pandemi. Semakin maraknya belanja online patut dibarengi dengan keamanan belanja online yang aman dan nyaman. Ada empat keamanan belanja online seperti keamanan penjual, keamanan market place, keamanan pembeli, dan keamanan produk. Jika sebagai penjual produk barang atau jasa perlu memperhatikan keamanan seperti kredibilitas dan reputasi barang, performa komunikasi admin, garansi toko, keamanan sistem pembayaran, kebijakan pengembalian, keamanan media online, dan keamanan nomor rekening sebagi transaksi.
Untuk pembeli jika ingin membeli produk barang atau jasa perlu memperhatikan teliti deskripsi produk, teliti permintaan data pribadi, keamanan jaringan internet, keamanan metode pembayaran, anti transaksi di luar sistem, dan antisipasi dengan foto atau video unboxing. Selain itu, sebagai pembeli perlu memperhatikan tentang dompet digital yang sedang tren di masa kini. Dompet digital merupakan suatu layanan elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran. Fungsi dan manfaat dari dompet digital yakni aman untuk transaksi, mudah dan praktis, banyak promo dan diskon menarik, dimana saja dan kapan saja bisa digunakan.

BintangEmpat .Com

Media Investigasi Hukum Dan Kriminal, Terpercaya Dan Berimbang